Menumbuhkan Kesadaran Mahasiswa Generasi Z Agar Berperan Dalam Upaya Menjadi Agent Of Change Dalam Mencapai Society 5.0
Kata Kunci:
informasi dan komunikasi, mahasiswa, generasi Z, keterlibatan belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperhatikan sisi kemanusiaan akan mentransformasi jutaan data yang dikumpulkan melalui internet pada segala bidang kehidupan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif berupa pengisian kuesioner mengenai keterlibatan belajar oleh mahasiswa generasi Z. Dari metode ini diperoleh hasil bahwa jangka waktu pertama kali mengenal dan durasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berkorelasi negatif dengan keterlibatan belajar mahasiswa. Sedangkan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang teknologi bertujuan untuk kepentingan akademis berkorelasi positif terhadap keterlibatan belajar siswa. Generasi muda Indonesia, dalam hal ini, berperan sebagai masyarakat yang mengaplikasikan teknologi tersebut. Generasi muda harus siap menghadapi Era Society 5.0 di Indonesia dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, juga diharapkan dengan adanya Society 5.0 ini dapat mengembangkan SDM di negara Indonesia, melihat masih adanya kesenjangan SDM di berbagai bidang. Society 5.0 sebagai komplemen Revolusi Industri 4.0, perlu diarahkan pada peran generasi muda untuk kemajuan bangsa Indonesia di masa mendatang. Generasi muda memiliki perilaku kreatif dan inspiratif, cenderung membangun pola kerja mereka dengan keterampilan interpersonal yang kuat,.