Peran Generasi Z dalam Memeperthankan Budaya Tradisional dalam Transisi Era Society 5.0

Penulis

  • Ni Kadek Trisna Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Meisa priyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Lantari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Ratih Kumala Dewi, S.H.M.H. Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

traditional cultur, kultural preservation, the role of technology in preserving cuture, kebudayaan tradisional, pelestarian budaya, peran teknologi dalam pelestarian budaya

Abstrak

This research is an effort to foster a love for traditional culture by maintaining and preserving traditional arts in order to create cultural resilience. The method used in this research is a qualitative method with a literature study method. The purpose of this study is to analyze the causes of the disappearance of traditional culture which is influenced by the times, as well as how Generation Z maintains traditional culture by utilizing existing technology.

 

Penelitian ini sebagai upaya dalam memumbuhkan kecintaan pada budaya tradisional dengan mempertahankan dan melestaikan kesenian tradisional demi mewujudkan ketahanan budaya. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode studi pustaka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis penyebab lunturnya budaya tradisional yang dipengaruhi oleh perkembangan zaman, serta bagaimana cara generasi Z dalam mempertahankan budaya tradisional dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-25