PERANAN ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DALAM BISNIS

Penulis

  • I Kadek Agus Satyawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nopiari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ngurah Putu Wiratama Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ayu Anggya Agustina, SE., M.Si., Ak Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Bisnis, Etika Bisnis, Tanggungjawab Sosial

Abstrak

Bisnis merupakan kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun organisasi yang melibatkan proses pembuatan, pembelian,
penjualan, atau pertukaran barang maupun jasa dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, munculah sebuah ide untuk membangun sebuah bisnis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran etika dan tanggung jawab sosial, khususnya didalam bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggambarkan serta menguraikan peran etika dan tanggung jawab sosial dalam bisnis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi literature dimana penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang berkaitan atau relevan dengan penelitian yang berasal dari jurnal ilmiah dan publikasi lainnya yang layak menjadi sumber penelitian. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika dan tanggung jawab dalam bisnis memiliki peran yang sama yang bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan untuk mengembangkan perusahaan. Sebuah bisnis akan terhambat atau tidak dapat berkembang tanpa adanya peran konsumen. Hal ini dikarenakan, tujuan utama dari sebuah perusahaan selain untuk memperoleh keuntungan juga untuk menarik minat konsumen sehingga mendapatkan kepercayaan dari konsumen atau mitra bisnis.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-25