MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI GENERASI Z PADA ERA SOCIETY 5.O

Penulis

  • Sesidila Putri Umbu Lado Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Melania Ernesta Gaddi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Widyantari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuh kembangkan dalam perilaku seseorang. Sehingga nilai-nilai kehidupan tersebut menyatu dalam dirinya. Seiring berkembangnya zaman, banyak kalangan remaja yang tidak mempunyai karakter baik dan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi orang tua dan pendidik untuk mulai menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini. Semakin menurunnya moral karakter bangsa dan semakin maraknya penyimpangan yang terjadi pada kalangan remaja ditunjukkan dengan adanya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, perkosaan, perampasan, dan perusakan milik orang yang dilakukan oleh kalangan pelajar. Pendidikan karakter merupakan solusi tepat untuk mengatasi menurunnya moral karakter bangsa. Rumusan masalah dalam karya ilmiah ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter anak usia dini Pendidikan karakter bangsa pada intinya merupakan pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang berasal dari pandangan hidup atau ideologi agama. Budaya dan nilai-nilai yang terumuskan dalam tujuan pendidikan nasional. Nilai-nilai dalam pendidikan karakter itu terdapat 18 buah antara lain yaitu: Agama, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai,gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai–nilai budaya dan karakter bangsa melalui pendidikan dikembangkan agar peserta didik dapat menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari sebagi pribadi, anggota keluarga, masyarakat dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif, kreatif dan inovatif. Secara teknis pendidikan karakter bangsa dimaknai sebagai proses internalisasi penghayatan nilai-nilai budaya karakter bangsa dan nilainilai luhur akhlak muliayang dilakukan peserta didik secara aktif. Pendidikan karakter sangat perlu 2 diberikan terhadap bangsa Indonesia sejak dini.Hal ini dikarenakan membentuk suatu paradigma dan karakteristik agar menjadi bangsa yang maju di dukung dengan moral yang baik. Pengembangan karakter yang terbaik adalah jika dimulaisejak dini. Hal ini terkait dengan kepercayaan bahwa “Jika kita gagal menjadi orang baik di usia dini, di usia dewasa kita akan menjadi orang yang bermasalah atau orang yang kurang dan beban bagi orang lainnya. 

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-25