APLIKASI LOH (LANCAR OPERASI HITUNG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME PADA SISWA KELAS 2 SD
Kata Kunci:
Operation Count, Technology, Application LoH, Effectiveness, Operasi Hitung, Teknologi, Aplikasi LoH, EfektivitasAbstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan atas dasar kurangnya pemahaman konsep maupun materi mengenai operasi hitung oleh siswa kelas 2 SD yang berfungsi untuk menunjang pemahaman konsep matematika dijenjang selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keefektifan aplikasi LoH terhadap peningkatan kemampuan siswa kelas 2 SD pada pembelajaran operasi hitung dan untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa kelas 2 SD mengenai penggunaan aplikasi LoH. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi operasi hitung, maka didapatkanlah sebuah solusi yaitu dengan memanfaatkan aplikasi yang berbasis game sebagai media pembelajaran guna mempertajam daya analisis para penggunanya untuk mengolah informasi dan mengambil keputusan cepat yang jitu.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen, wawancara dan kepustakaan. Berdasarkan rumus gain yang telah ditentukan, kelompok kontrol memperoleh gain sebesar 0,0 yang termasuk ke dalam kriteria rendah, sedangkan kelompok eksperimen memperoleh gain sebesar 0,9 yang termasuk ke dalam kriteria tinggi. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan aplikasi LoH sangat membantu siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal operasi hitung yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pada hasil tes.
Dapat disimpulkan bahwa video, game dan kuis yang terdapat dalam aplikasi LoH sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi operasi hitung. Selain itu, aplikasi LoH tidak cepat membuat siswa merasa bosan ketika belajar dan merasa lebih bersemangat. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, disarankan agar siswa lebih memanfaatkan teknologi yang ada untuk memperbanyak media pembelajaran sehingga siswa dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dimanapun dan kapanpun.
ABSTRAC
This research was conducted on the basis of a lack of understanding of concepts and materials regarding counting operations by grade 2 elementary school students that serves to support the understanding of mathematics concepts in the next tier. The purpose of this study was to find out how effective LoH application is to improve the ability of grade 2 elementary school students in calculating operation learning and to find out how grade 2 elementary school students respond to the use of LoH application. To improve students' ability to understand calculated operation materials, a solution is obtained by utilizing game-based applications as a learning medium to sharpen the analytical power of its users to process information and make quick, accurate decisions.
In this study, the methods used were the quaration of experiments, interviews and literature. Based on the predetermined gain formula, the control group obtained a gain of 0.0 which belonged to the low criteria, while the experimental group gained a gain of 0.9 which included the high criteria. Based on the interview that has been done LoH application is very helpful for students in understanding and solving calculated operations as evidenced by the increase in scores on test results.
It can be concluded that the videos, games and quizzes contained in the LoH application are very effective in improving students' understanding of calculated operating materials. In addition, the LoH application does not quickly make students feel bored when studying and feel more excited. From the results of the research that has been done, it is recommended that students use the existing technology to increase the learning media so that students can carry out learning activities anywhere and anytime.