MENGAKTUALISASIKAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MEMPERKUAT KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI ERA DIGITAL INDONESIA

Penulis

  • Astati Wallo
  • Falentinus Malo
  • Gusti Ayu Arik Kartika Dewi
  • Ni Luh Prema Narayani

Abstrak

Perkembangan teknologi digital di Indonesia mendorong kebutuhan akan
keterampilan berpikir kritis yang tinggi. Penelitian ini menganalisis implementasi
metode pembelajaran berbasis proyek dalam konteks pendidikan Indonesia untuk
mengidentifikasi potensi dan tantangannya dalam memupuk keterampilan berpikir
kritis di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
studi literatur dan analisis dokumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode
pembelajaran berbasis proyek memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kritis di era digital, tetapi terdapat beberapa tantangan dalam
implementasinya, seperti ketersediaan sumber daya, kesiapan guru, dan akses
teknologi. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan strategi yang
komprehensif untuk mengoptimalkan implementasi pembelajaran berbasis proyek di
Indonesia, dengan fokus pada pelatihan guru, pengadaan sumber daya, dan
penyediaan akses teknologi yang merata.
Kata-kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Berpikir Kritis, Era
Digital, Pendidikan Indonesia

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-08