“STACKARA” GAME INTERAKTIF STACKO DALAM PELESTARIAN WARISAN BUDAYA INDONESIA

Penulis

  • Putu Abie Prasetya Adrian Putra
  • I Dewa Gede Putra Hari Prameshwara
  • I Kadek Kastara Yodha Sadajiwa

Abstrak

Indonesia memiliki warisan budaya yang melimpah karena penduduknya
tersebar di semua penjuru pulau. Namun, pengaruh globalisasi dan perkembangan
teknologi yang pesat menyebabkan banyaknya budaya asing yang masuk sehingga
kebudayaan Indonesia semakin luntur. Inovasi “STACKARA” Stacko Nusantara hadir
sebagai solusi untuk membantu melestarikan budaya bangsa Indonesia. Terdapat
tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui efektivitas game Stackara dalam
memberikan pemahaman tentang warisan budaya Indonesia; (2) untuk mengetahui
tingkat kelayakan game Stackara sebagai salah satu media pembelajaran terhadap
budaya Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode
survei. Pendekatan deskriptif-kuantitatif juga digunakan untuk mengetahui
keefektivitasan Stackara dalam menjaga dan memperkenalkan warisan budaya
Indonesia. Penelitian ini menggunakan 30 sample dengan pemberian pre-test, game
Stackara, post-test, untuk mengetahui produktivitas game Stackara dalam
mengenalkan budaya bangsa. Uji-uji yang dilakukan antara lain Uji t-berpasangan
untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara skor pre-test dan post-test, Uji

statistik deskiptif juga dilakukan untuk melihat nilai signifikansi data pre-test dan post-
test. Selanjutnya Uji Normalitas yang akan menentukan penelitian ini menuju uji

parametrik ataupun non-parametrik. Dan yang terakhir uji Wilcoxon yang ditentukan
dari hasil uji normalitas. Berdasarkan hasil uji pre-test, post-test dapat dilihat bahwa
peserta didik yang mengikuti game Stackara sebelum melaksanakan post-test
mendapatkan rata-rata kenaikan 93,333 yang awalnya dari 52,167 dari data pre-test.
Serta dari Uji Wilcoxon Matched-Pairs diperoleh nilai signifikansi (p-value) 0,000
(<0,05). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa game Stackara
menunjukkan bahwa sample mengalami peningkatan pengetahuan tentang budaya
Indonesia setelah diberikan permainan Stackara.
Kata Kunci: Budaya, Teknologi, Stackara, pre-test, post-test

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-08