PENGEMBANGAN FLIPBOOK INTERAKTIF SABALI SEBAGAI MEDIA PELESTARIAN SATUA BALI DAN MENANAMKAN NILAI MORAL PADA REMAJA
Abstrak
Perkembangan teknologi telah menyebabkan kerusakan moral pada remaja
dan menurunnya minat remaja terhadap satua Bali, sebuah warisan budaya Bali
yang mengandung banyak pesan moral. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
Mendeskripsikan desain media flipbook interaktif SaBali (Satua Bali) sebagai
media pelestarian satua Bali dan menanamkan nilai moral pada remaja, (2)
Menganalisis penilaian desain User Interface (UI) dan User Experience (UX)
flipbook SaBali (satua Bali) dalam meningkatkan minat baca remaja terhadap
satua Bali, (3) Menganalisis efektivitas flipbook interaktif SaBali (Satua Bali)
sebagai media penanaman nilai moral pada remaja. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri Bali Mandara dan secara
daring pada 2 Oktober - 22 Desember 2024. Sampel terdiri dari 50 responden
survei UI dan UX dan 30 responden pre-test dan post-test, diperoleh melalui teknik
purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis
dengan skala Likert, uji normalitas, serta paired sample T-test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa flipbook interaktif SaBali dirancang dengan UI yang menarik,
menggunakan visual dan font khas Bali, serta UX yang meliputi efek realistis, kuis
interaktif, backsound Bali, dan video satua. Sebagian besar responden menilai
desain SaBali sangat menarik dan interaktif. Pre-test dan post-test menunjukkan
peningkatan signifikan pada pemahaman nilai moral, membuktikan bahwa media
ini efektif dalam menanamkan nilai moral pada remaja. Penelitian ini menyarankan
dukungan pemerintah dan peran masyarakat dalam mengadopsi flipbook SaBali
sebagai sarana pendidikan moral berbasis budaya dan teknologi.
Kata–kata kunci: perkembangan teknologi, flipbook interaktif
