ARTATUR : PENGEMBANGAN MEDIA AJAR TERINTEGRASI VIRTUAL REALITY BERBASIS GAMIFIKASI MELALUI ENKULTURASI LEARNING SEBAGAI TERAPI SENI ANAK AUTIS

Penulis

  • Munzilatur Rochmah
  • Yehezkiel Yuvanda Picauly
  • Muhammad Hermansyah

Abstrak

Anak autis bukan berarti mereka hanya bisa menyendiri dan terdiam tanpa
berinteraksi dengan sekitar, tetapi mereka juga bisa melakukan semuanya dengan
cara menggunakan bantuan dan sesuatu yang khusus untuk membantu kondisi
mereka. Mendidik anak berkebutuhan khusus memiliki tingkat dan kesulitan yang
jauh berbeda dengan anak normal. Tujuan dengan adanya penelitian ini adalah
untuk mengembangkan media ajar yang membuat peserta didik merasa aman dan
senang tanpa ada rasa tertekan dan cemas. Dengan semakin berkembangnya
teknologi dan pendekatan pembelajaran yang semakin berdiferensiasi melahirkan
inovasi baru yang bernama ARTATUR. ARTATUR merupakan aplikasi game
edukasi VR sebagai media untuk mengenalkan budaya di Indonesia dalam terapi
seni menggunakan pembelajaran Enkulturasi Learning pada anak autis yang
berusia enam tahun ke atas. Metode yang diterapkan dalam pengembangan
ARTATUR yaitu ADDIE. Ada empat aspek pada metode ADDIE seperti analisis,
desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. ARTATUR dilengkapi dengan
tiga fitur utama diantaranya colour case, traditional dance, dan music case. Tidak
hanya itu saja, terdapat dua fitur pendukung yaitu buku panduan dan select.
Batasan dalam penerapan ARTATUR bagi peserta didik akan diutamakan untuk
meningkatkan Sensory Processing Disorder (SPD), kemampuan Proprioceptive,
dan kemampuan Vestibular. Harapannya dengan adanya ARTATUR dapat menjadi
media ajar yang di gemari dan dinanti serta bisa membantu mengembangkan
kemampuan motorik dasar pada peserta didik.

Kata kunci : ADDIE, aplikasi, inovasi, teknologi

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-08