TAKSUBALI: TEKNOLOGI GAME EDUKATIF BERBASIS AR SEBAGAI MEDIA PELESTARIAN BAHASA BALI MENUJU INDONESIA EMAS 2045

Penulis

  • I Putu Dimas Pramudya Sastra
  • I Gede Evan Praditya Uthma
  • Ni Made Diar Laksmiati K.

Abstrak

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.508 pulau yang dihuni lebih dari
360 suku bangsa. Hal ini membuat Indonesia kaya akan keberagaman budaya, suku, bahasa dan
tradisi serta memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Keanekaragaman ini membuat
masyarakat pulau Bali khususnya siswa SMAN 4 Denpasar jarang menggunakan bahasa Bali.
Melalui aplikasi game berbasis AR yang memadukan antara teknologi dan budaya, siswa diharapkan
dapat melestarikan bahasa Bali. Dari uraian yang dihimpun peneliti, munculah ide sebuah game
edukatif bahasa Bali dengan mengangkat karya tulis ilmiah yang berjudul “Taksu Bali: Teknologi
Game Edukatif Berbasis Ar Sebagai Media Pelestarian Bahasa Bali Menuju Indonesia Emas 2045”.
Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 2 Desember - 30 Desember 2024 di SMAN 4 Denpasar dan
di rumah peneliti. Dalam penelitian digunakan metode studi eksperimen, survei, dan kuesioner
dalam pengumpulan datanya. Sebanyak 65 dari 121 responden menyatakan Taksu Bali sangat efektif
sebagai media pembelajaran bahasa Bali. Sehingga mampu sebagai media pelestari budaya
indonesia.
Kata Kunci: Augmented Reality, bahasa Bali, pelestarian budaya, Taksu Bali

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-08