https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/issue/feedJurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika2025-03-04T23:00:52+08:00I Putu Ade Andre Payadnya, S.Pd., M.Pd.adeandre@unmas.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika </strong>is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies in the fields of mathematics education, development of mathematics learning, and pure mathematics. The presence of this journal is expected to provide a source of information for anyone, both academics and the wider community. This journal is also a vehicle to motivate lecturers, teachers and other educators, practitioners, and the academic community as well as anyone who can contribute the results of their research and studies.</p>https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/11172RESPON SISWA TERHADAP DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA: STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS ETHNO-RME DAN INTERACTIVE E-MODULE2025-03-04T23:00:52+08:00I Putu Ade Andre Payadnyaadeandre@unmas.ac.idKadek Rahayu Puspadewirahayu_puspa@unmas.ac.idGde Iwan Setiawaniwansetiawan@mahadewa.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon siswa terhadap desain pembelajaran matematika berbasis budaya, khususnya dalam pembelajaran geometri. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji bagaimana siswa merespons desain pembelajaran yang mengintegrasikan elemen budaya lokal dengan teknologi digital. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen, dengan partisipan siswa dari empat sekolah di Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap desain pembelajaran yang mengintegrasikan budaya lokal, seperti penggunaan Sanggah Cucuk sebagai media pembelajaran. Siswa merasa lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam pembelajaran, serta mampu menghubungkan konsep matematika dengan konteks budaya mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya merancang pembelajaran yang relevan dengan budaya siswa untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka dalam matematika.</p>2025-03-01T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025