https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/issue/feed Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika 2024-04-03T13:16:06+08:00 I Putu Ade Andre Payadnya, S.Pd., M.Pd. [email protected] Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika </strong>is managed by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mahasaraswati Denpasar and was published for the first time in March 2021 which is a medium for publishing the results of research or studies in the fields of mathematics education, development of mathematics learning, and pure mathematics. The presence of this journal is expected to provide a source of information for anyone, both academics and the wider community. This journal is also a vehicle to motivate lecturers, teachers and other educators, practitioners, and the academic community as well as anyone who can contribute the results of their research and studies.</p> https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/6955 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VEKTOR 2023-07-11T11:10:47+08:00 Rojiyah Magfiroh Zihan Safira [email protected] Abdul Salam A.S [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 1 SMKN Winongan dalam hal pembelajaran materi vektor dengan memanfaatkan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan dalam dua siklus. Bahan ajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah vektor. Lembar observasi kegiatan pembelajaran yang dipimpin guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan hasil tes adalah jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 97% responden menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), yang menunjukkan bahwa peserta didik memiliki peningkatan hasil belajar. Selain itu, dalam observasi kegiatan pembelajaran yang dipimpin guru terungkap bahwa kegiatan belajar peserta didik meningkat hampir 89%, yang menunjukkan bahwa mereka sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hasil tes menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).</p> 2024-03-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Rojiyah Magfiroh Zihan Safira, Abdul Salam A.S https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/8048 REVITALISASI PENDIDIKAN MELALUI GAME LEARNING STUDI KASUS MAN KOTA PASURUAN 2023-12-01T18:01:15+08:00 Laily Alfi Maulida [email protected] Lailatul Islamia Ramadani [email protected] <p>Revitalisasi pendidikan melalui permainan pembelajaran merupakan upaya untuk memanfaatkan permainan <br>sebagai media pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Dalam dunia pendidikan sudah terdapat <br>banyak aplikasi multimedia pembelajaran baik dalam bentuk aplikasi maupun game learning yang dapat <br>membantu daya ingat atau daya tangkap yang baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Pada penelitian ini <br>dibahas mengenai pembuatan Media Pembelajaran berupa Game Learning Matematika menggunakan Gelinding <br>Botol. Penerapan Media Pembelajaran berbasis game learning ini diterapkan di Kelas X-D MAN Kota <br>Pasuruan. Media sebelum digunakan diuji oleh Ahli Media dan memperoleh hasil 86% Sangat Baik. Dan hasil <br>uji penggunaan oleh siswa-siswi kelas X-D memperoleh hasil 95% Sangat Baik.&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2024-03-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Laily Alfi Maulida, Lailatul Islamia Ramadani https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/8136 ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI PADA SUDUT ISTIMEWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PASURUAN 2023-12-08T01:12:35+08:00 Erina [email protected] Artika Andriyanti [email protected] <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan yang dialami siswa kelas X dalam menyelesaikan soal mengenai materi trigonometri pada sudut istimewa. </span><span style="vertical-align: inherit;">Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. </span><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian dilakukan pada subjek terbatas yaitu 5 orang siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil tes berupa soal uraian yang terdiri dari 4 butir soal dan diberikan kepada subjek penelitian ini sebanyak 5 siswa. </span><span style="vertical-align: inherit;">Data yang diperoleh kemudian dianalisis mulai dari reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari subjek sebanyak 5 siswa hanya sebesar 74% dari soal yang mampu diselesaikan dan tidak ada satupun siswa yang mampu menyelesaikan masalah tersebut hingga tuntas. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hal ini dikarenakan siswa masih belum dapat memahami soal seluruhnya dan masih sulit dalam memahami maksud soal sehingga siswa masih banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikannya.</span></span></p> 2024-03-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Erina, Artika Andriyanti https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/8808 PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DETERMINAN DAN INVERS MATRIKS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD 2024-04-03T13:16:06+08:00 Ni Komang Mas Cahya Mithia [email protected] I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika [email protected] Komang Sri Ayu Oktapani [email protected] <p>Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi determinan dan invers matriks menggunakan model pembelajaran tipe STAD pada siswa kelas XI B4 di SMA Negeri 1 Mengwi. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari tigas kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI B4 SMA Negeri 1 Mengwi dengan jumlah 38 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 39% dan pada siklus II mengalami peningkatan 50% sehingga menjadi 79%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan tercapainya nilai siswa yang tuntas lebih dari atau paling tidak 79 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 79%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD.</p> 2024-03-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/8461 ETNOMATEMATIKA: APLIKASI MATEMATIKA PADA PERHITUNGAN SHIO DAN ELEMENNYA 2024-01-07T12:02:12+08:00 Ni Nyoman Ari Laksmi [email protected] Komang Ayu Siva Santhi Wirya [email protected] Gusti Ayu Made Arna Putri [email protected] Ni Putu Ayu Mirah Mariati [email protected] I Ketut Suwija [email protected] <p>Etnomatematika merupakan cabang ilmu yang mengaitkan budaya dan matematika. Terdapat beragam budaya yang ada di Indonesia, salah satunya kepercayaan terhadap shio dan elemennya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mencari hubungan antara matematika dengan shio dan elemennya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan yaitu teknik pengumpulan data dengan membaca buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan dan laporan-laporan yang berhubungan dengan kasus yang dihadapi serta diolah ke dalam bentuk penelitian. Hasil penelitian ini adalah ditemukaannya perhitungan matematika berupa perkalian, penjumlahan, perbagian, KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dan pengelompokan bilangan ganjil dan genap dalam menghitung shio dan elemennya.</p> 2024-03-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Ni Nyoman Ari Laksmi, Komang Ayu Siva Santhi Wirya, Gusti Ayu Made Arna Putri, Ni Putu Ayu Mirah Mariati, I Ketut Suwija https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/8460 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X 2024-01-07T13:40:23+08:00 Ni Wayan Risna Kariani Asih [email protected] Ni Kadek Rini Purwati [email protected] Ika Desi Budiarti [email protected] <p>Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas X A SMA Negeri 2 Abiansemal, pembelajaran matematika di kelas masih cenderung berpusat pada guru. Hal ini berimbas pada hasil Sumatif Tengah Semester pada pelajaran Matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X A SMA Negeri 2 Abiansemal dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Think Pair Share</em> (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X A SMA Negeri 2 Abiansemal yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas X A SMA Negeri 2 Abiansemal meningkat dari 55,33 pada tahap prasiklus menjadi 63,33 pada siklus I dan 78,61 pada siklus II. Pada prasiklus ketuntasan belajar klasikalnya, yaitu sebesar 25% menjadi 47,22% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 77,78%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Think Pair Share</em> dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.</p> 2024-03-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Ni Wayan Risna Kariani Asih, Ni Kadek Rini Purwati, Ika Desi Budiarti https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/8492 PENGEMBANGAN MEDIA BMP (BLIND MATH PICK) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA 2024-01-11T23:20:55+08:00 Mazia Khilwa Imani [email protected] Vira Maya Maghfiroh [email protected] Ani Afifah [email protected] <p>Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran pada materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel (SPtLDV) sangat penting karena SPtLDV biasanya digunakan dalam mennetukan estimasi maksimum dan minimum dari penjualan maupun pembelian suatu barang atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas media BMP <em>(Blind Math Pick) </em>dalam pembelajaran matematika materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel (SPtLDV) kelas X di SMAN 4 Pasuruan dan SMK PGRI 2 Pasuruan. Dengan media pembelajaran tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan <em>define</em>, <em>design</em>, <em>development</em> dan <em>dessiminate</em>. Instrumen dan media penelitian ini telah divalidasi oleh validator ahli. Terdapat 3 uji coba penelitian yaitu uji coba uji coba kelompok (2 kelompok), uji coba kelompok (4-5 kelompok), dan uji coba kelompok (7-8 kelompok). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase kelayakan media pembelajaran BMP <em>(Blind Math Pick) </em>dilihat dari segi bahasa adalah &nbsp;(layak), segi materi &nbsp;(sangat layak), dan segi media &nbsp;(sangat layak). Efektivitas media pembelajaran BMP <em>(Blind Math Pick) </em>diukur dari segi proses yaitu pada uji coba kelompok (2 kelompok) &nbsp;(efektif), uji coba kelompok (4-5 kelompok) &nbsp;(sangat efektif), dan uji coba kelompok (7-8 kelompok) &nbsp;(sangat efektif). Kemenarikan media pembelajaran BMP <em>(Blind Math Pick) </em>diukur menggunakan angket siswa dengan persentase uji coba kelompok (2 kelompok) &nbsp;(menarik), uji coba kelompok (4-5 kelompok) &nbsp;(sangat menarik), dan uji coba kelompok (7-8 kelompok) &nbsp;(sangat menarik).</p> 2024-03-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Mazia Khilwa Imani, Vira Maya Maghfiroh, Ani Afifah https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/8493 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “SPLDV COLORFUL BOARD” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA 2024-01-12T14:29:54+08:00 Laily Alfi Maulida [email protected] Anindita Verliana Ridho’i [email protected] Erina Naurullaili Nahdia [email protected] Ani Afifah [email protected] <p>Penelitian ini bersifat pengembangan dan bertujuan untuk membuat media pembelajaran matematika berbasis materi SPLDV pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1. Kerangka teori penelitian ini dilandaskan pada melemahnya keinginan belajar matematika siswa akibat dari kehilangan pembelajaran akibat pandemi COVID-19. Setelah&nbsp; meneliti&nbsp; respon siswa&nbsp; terhadap metode pembelajaran yang ada , kami menemukan bahwa siswa memerlukan model pembelajaran yang asikdan tidak membosankan ketika belajar di kelas. Maka, sangat penting untuk menyediakan materi pendidikan yang merangsang keinginan belajar siswa. Metodologi ADDIE yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lima tahap (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Oleh karena itu,&nbsp; penelitian yang dijelaskan di dalam artikel ini sampai pada tahap evaluasi.</p> 2024-03-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Laily Alfi Maulida, Anindita Verliana Ridho’i, Erina Naurullaili Nahdia, Ani Afifah https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/8750 CHAOS GAME DENGAN VARIASI KOMBINASI LINIER TITIK PEMBANGKIT 2024-03-21T12:44:53+08:00 Kosala Dwidja Purnomo Kosala [email protected] Yurike Devita [email protected] Firdaus ubaidillah [email protected] Bagus Juliyanto [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan objek fraktal dengan cara memodifikasi <em>chaos game</em>. Awalnya titik pembangkit dalam <em>chaos game</em> ditentukan oleh titik tengah antara titik pembangkit iterasi sebelumnya dengan titik verteks segitiga yang dipilih secara acak. Pada iterasi yang cukup besar, dengan penentuan titik pembangkit seperti rumusan ini, akan diperoleh sekumpulan titik pembangkit yang berbentuk mirip dengan segitiga Sierpinski. Dalam penelitian ini koordinat titik pembangkit ditentukan dari kombinasi linier antara koordinat titik pembangkit awal dan titik verteks segitiga. Kombinasi linier dilakukan dengan menvariasikan parameter koefisien variabel koordinat titik pembangkit dan titik verteksnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chaos game akan membentuk berbagai objek fraktal jika jumlah parameter koefisien koordinat kedua titik tersebut yang berada dalam interval -1 sampai dengan 1. Secara khusus, untuk jumlah parameter koefisien mendekati 1 akan menghasilkan objek fraktal mirip segitiga Sierpinski. Secara umum, jumlah parameter koefisien yang menjauhi interval tersebut akan mengakibatkan sifat fraktal dari kumpulan titik pembangkit tersebut akan semakin hilang.</p> 2024-03-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Kosala Dwidja Purnomo Kosala, Yurike Devita, Firdaus ubaidillah, Bagus Juliyanto https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/8751 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK BERBASIS BUDAYA MELAYU TERHADAP LITERASI SPASIAL DAN SELF-CONCEPT 2024-03-21T13:10:34+08:00 Lilis Saputri [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran VAK berbasis budaya melayu terhadap literasi spasial dan <em>self-concept</em>. Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan metode <em>pre experimental</em> dengan desain <em>the one pretest-posttest</em>. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Stabat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII dengan teknik pengambilan sampel adalah <em>random sampling</em> sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi spasial dan angket <em>self-concept</em>. Dari hasil analisis untuk F<sub>hitung</sub> sebesar 21,489 dan F<sub>tabel</sub> sebesar 3,34 maka F<sub>hitung</sub> F<sub>tabel</sub> maka dapat ditentukan bahwa terdapat pengaruh antar literasi spasial dan <em>self-concept</em> secara bersama-sama terhadap model pembelajaran VAK berbasis budaya melayu. Literasi spasial dan <em>self-concept</em> merupakan dua aspek penting yang perlu diperhatikan dalam model pembelajaran VAK berbasis budaya melayu. Literasi spasial yang tinggi dapat membantu siswa untuk memahami konsep-konsep yang diajarkan, sedangkan <em>self-concept</em> yang positif dapat meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa dalam belajar.</p> 2024-03-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Lilis Saputri