MENINGKATKAN MINAT MEMBACA ANNOUNCEMENT TEXT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI PIDO
Kata Kunci:
PBL, Announcement TextAbstrak
Realita rendahnya minat baca memahami peserta didik kelas X jenjang Sekolah Menengah Atas (SMAN Pido) pada mata pelajaran bahasa Inggris terkait teks fungsional pendek (Announcement) menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Problem based learning (PBL) adalah model pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik untuk selalu berpikir kritis dan selalu terampil dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah bagaimanakah penggunan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas X pada mata pelajaran bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus penelitian. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri Pido tahun pelajaran 2023 -2024 yang berjumlah 14 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat baca peserta didik yang ditunjukkan dengan peningkatan indikator minat baca mereka, mulai dari rata-rata nilai 60,5 pada tes pra-PTK, menjadi 68,2 pada tes PTK siklus I dan menjadi 89 pada tes siklus I.