IMPROVING STUDENTS NEWS ITEM TEXT WRITING SKILL BY IMPLEMENTING THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL FOR CLASS XII P2 STUDENTS AT SMK PGRI 5 DENPASAR
Kata Kunci:
Teks News Item, Project-based Learning, Keterampilan MenulisAbstrak
Bahasa Inggris telah diakui sebagai bahasa penting di banyak negara lain di dunia dan digunakan untuk tujuan akademis, penelitian, komunikasi, bisnis dan resmi. Para siswa di kelas XII P 2 mencoba untuk memiliki kompetensi dalam keterampilan bahasa Inggris khususnya keterampilan menulis; menjadi lebih penting karena digunakan untuk evaluasi proses akademis mereka. Tetapi mereka merasa kesulitan untuk memperoleh kompetensi karena banyak alasan; metode pengajaran konvensional digunakan sebagai salah satu penyebabnya. Metode pedagogi baru seperti Pembelajaran Berbasis Masalah perlu diujicobakan dalam situasi seperti yang telah terbukti sebagai pedagogi yang berhasil dalam banyak konteks di seluruh dunia. PBL sebagai pedagogi adalah metode belajar-mengajar di mana siswa bekerja di lingkungan kelas yang berpusat pada peserta didik dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang yang menghadapi masalah otentik yang diberikan oleh guru dan menemukan solusinya dengan berdiskusi di antara mereka sendiri pada umumnya dalam tiga pertemuan kelas. Mereka lebih banyak bekerja di rumah dengan belajar dan mencari solusinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Problem Based Learning (PBL) meningkatkan keterampilan menulis teks News Item siswa kelas XII P2 SMK Pgri 5 Denpasar dan untuk melihat efektivitas PBL dibandingkan dengan metode ceramah konvensional. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen kelompok kontrol pretest-posttest dengan 36 siswa dan data dianalisis dengan menggunakan pre-test dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata pre-tes adalah 72,01, setelah diajarkan melalui kelompok diskusi poster skor rata-rata pada siklus I adalah 81,83 dan siklus II adalah 86,16. Temuan penelitian menunjukkan bahwa PBL merupakan pedagogi yang lebih efektif daripada metode ceramah konvensional untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris siswa Kelas XII P2.