PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS XI IPA MATERI SISTEM RESPIRASI PADA MANUSIA

Penulis

  • Sang Putu Kaler Surata Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Lodovika Juleli Harni Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Minat Baca, model Pembelajaran Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan minat baca siswa pada materi sistem respirasi pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Komba. Penelitian dilaksanakan pada 20 dan 25 januari dengan melibatkan 10 siswa kelas XI IPA sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui angket kuisioner , serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai instrumen tambahan. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengidentifikasi perubahan minat baca siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan minat baca siswa pada siklus 2 . Proses pembelajaran PBL melibatkan langkah-langkah, mulai dari pretest,  pembagian kelompok heterogen. Siswa diberikan  topik berbasis masalah yang berkaitan dengan materi respirasi pada manusia. Penerapan PBL mendorong keterlibatan aktif siswa, memperkaya pengalaman pembelajaran, dan meningkatkan minat baca. Penelitian ini memberikan wawasan komprehensif tentang efektivitas PBL dalam meningkatkan minat baca siswa di tingkat kelas XI IPA  SMA Negeri 2 Kota Komba.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-01