PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 7 BORONG

Penulis

  • Ni Wayan Ekayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yohana Setia Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Model Problem Based Learning, Motivasi Belajar Peserta Didik, Pembelajaran Biologi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X dalam pembelajaran biologi melalui penerapan model problem based learning. Jenis Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif (PTKK) berbasis lesson study. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Borong dengan jumlah 20 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X dalam pembelajaran biologi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil persentase motivasi peserta didik kelas X dari siklus I sebesar 61,16% dengan kategori “Cukup baik” ke siklus II sebesar 73,38% dengan kategori “ Baik”

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-01