PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X.10 SMA N 1 GIANYAR

Penulis

  • I Made Diarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Sri Valentini SMA Negeri 1 Gianyar

Kata Kunci:

model pembelajaran PBL, hasil belajar

Abstrak

Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang universal dalam kehidupan manusia, karena dimanapun dan kapanpun di dunia pasti terdapat pendidikan. Model pembelajaran adalah suatu teknik yang digunakan guru dalam mengajarkan suatu pokok bahasan (materi). Model pembelajaran PBL adalah salah satu model pembelajaran yang berguna untuk menumbuhkan kemampuan kerjasama, kreatif, berpikir kritis dan ada kemampuan untuk membantu teman serta merupakan pembelajaran kooperatif yang sangat sederhana. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada materi Keanekaragaman Hayati di kelas X 10 SMA Negeri 1 Gianyar.” Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model PBL dapat meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi Keanekaragaman Hayati. Ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada , pada siklus I dan pada siklus II mencapai nilai KKM kelas X. Kesimpulan yang Diperoleh dari penelitian ini adalah Penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Keanekaragaman Hayati semester I SMA Negeri 1 Gianyar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-01