PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X TEI SMK NEGERI 2 KOTA BIMA TAHUN 2023/2024

Penulis

  • Desak Nyoman Budiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Angga Bradnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Nuraini SMK Negeri 2 Kota Bima

Kata Kunci:

Keaktifan Belajar, Model PBL, Power Point

Abstrak

Proses pembelajaran mata pelajaraan biologi pada peserta didik kelas X TEI SMK Negeri 2 Kota Bima masih mengunakan model pembelajaran konvensional, hal ini menyebabkan suasana kelas menjadi kurang aktif sehingga terjadi kejenuhan belajar dan akhirnya motivasi dan  belajar peserta didik pun menjadi berkurang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Power Point dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas X SMK. Penelitian ini adalah peserta didik kelas X TEI SMK Negeri 2 Kota Bima tahun  pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang biasa disebut Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas adalah suatu model pembelajaran yang bersifat reflektif dengan menggunakan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek- praktek pembelajaran dikelas secara profesional (Suyanto, 1996). Penelitian ini menggunakan metode penelitiantindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan model PBL. Terdiri dari lima fase yaitu: Fase (1) Orientasi peserta didik pada masalah, Fase (2) Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, Fase (3) Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, Fase (4) Mengembangkan dan menyajikan Keaktifan karya dan Fase 5 Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. .Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam 2 siklus. Hasill penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata keaktifan belajar siswa (M) yaitu pada prasiklus sebesar 70 (Cukup), pada siklus I  sebesar 81 (Baik) dan pada siklus II sebesar 90 (Sangat Baik). Kesimpulan pada penelitian ini terdapat peningkatan keaktifan  belajar peserta didik  dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media Power Point pada peserta didik kelas X TEI SMK Negeri 2 Kota Bima.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-01