PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS PROPOSAL KEGIATAN SISWA KELAS XI MIA DI SMAS ADVENT NUSRA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Penulis

  • I Gusti Ayu Putu Tuti Indrawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Ambarayana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Walkhot Silalahi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

model pembelajaran, flipped classroom, menulis teks proposal

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan teknik flipped classroom. Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Teks Proposal Peserta Didik Kelas XI SMAS Advent Nusra tahun ajaran 2023/2024. Hal ini berdasarkan hasil tes keterampilan menulis siswa dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai menulis siswa sebelum diberikan tindakan adalah 84, setelah dilakukan tindakan menjadi 79,0 dan meningkat lagi menjadi 84,28 pada siklus II. Berdasarkan hasil tes pada siklus II, 94% siswa telah mampu mencapai nilai 80 ke atas. Dengan demikian, standar nilai ketuntasan belajar siswa telah dapat dicapai yaitu 75%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-01