IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PADA MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP SANTO YOSEPH DENPASAR TAHUN AJARAN 2023-2024

Penulis

  • I Nyoman Adi Susrawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Kurniawati SMA Negeri 1 Sukawati
  • Lydia Kadek Yayuk Kusuma Astuti SMP Santo Yoseph Denpasar

Kata Kunci:

aktivitas, hasil belajar, media pembelajaran, audio visual, problem based learning

Abstrak

Pencapaian prestasi yang baik, sesuai dengan tujuan pembelajaran merupakan cita-cita dan harapan dari guru saat mengajar di kelas. Sebagai seorang guru yang mengajar dikelas penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII G SMPĀ  Santo Yoseph Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024, yang prestasi belajar bidang studi bahasa Indonesia masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah pemakaian metode Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah metode observasi, metode tes. Metode analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemakaian metode Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pra siklus menunjukkan dari 20 siswa yang tuntas secara individual berjumlah 5 siswa (25%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 15 siswa (75%). Setelah diterapkan tindakan siklus I, sebanyak 12 siswa (60%) tuntas dan 8 siswa (40%) belum tuntas. Selanjutnya, pada II semua siswa tuntas dengan persentase 100% dari target yang telah ditetapkan yaitu 85%. Berdasarkan paparan data tersebut membuktikan bahwa Implementasi model pembelajaran problem based learning berorientasi pada media audio visual untuk meningkatkan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII tahun ajaran 2023/2024 sudah meningkat dalam proses belajar mengajar dengan materi menulis teks cerita fantasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-01