PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI.KR3 SMK PGRI 3 BADUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PENJUIMLAHAN DAN PENGURANGAN MATRIK
Kata Kunci:
Alat Peraga Matrik, Hasil BelajarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pennggunaan alat peraga kotak matriks dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan, pengurangan dan perkalian pada siswa kelas XI.KR3 SMK PGRI 3 Badung. Penelitian ini dilakukan pada subjek penelitian siswa kelas XI berjumlah 37 dengan 24 siswa laki-laki, 13 perempuan di SMK PGRI 3 Badung pada Semester Genap tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus satu merupakan penggunaan alat peraga kotak matriks sedangkan siklus dua merupakan tindak lanjut siklus satu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Instrumen yang digunakan adalah LKPD, lembar pengamatan dan penilaian diskusi serta presentasi. Validasi data menggunakan trianggulasi sumber yang melibatkan teman sejawat, kepala sekolah dan subjek penelitian itu sendiri. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis yang dilanjutkan refleksi. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penggunan alat peraga kotak matriks ternyata dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar tersebut dilihat dari nilai rata-rata siswa dari tahap awal sebelum menggunakan tindakan bernilai 80,14 sedangkan pada siklus I bernilai 92,16 kemudian siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 93,41. Sedangkan nilai ketuntasan belajar klasikal pra siklus sebesar 40,5% sedangkan pada tahap siklus I sebesar 64,8% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 94,5%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat peraga model matrik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI.KR3 SMK PGRI 3 Badung Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024.