PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LMS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Penulis

  • Putu Suarniti Noviantari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Sancita SMA Negeri 2 Mengwi
  • Ni Nyoman Maheni SMP Petra Berkat
  • Ni Putu Santhi Muliani SMP Sila Dharma

Kata Kunci:

Hasil Belajar, LMS, Model Problem Based Learning, SPLDV

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII C SMP Sila Dharma tahun pelajaran 2023/2024 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbatuan LMS  dalam pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua  Variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif.   Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Sila Dharma Denpasar tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 orang. Hasil tes formatif pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 74,73 dan pada siklus II menunjukkan nilai rata- rata 82,07.  Dari hasil tersebut dapat diketahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel dari siklus I ke siklus II sebesar 7,33 poin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada peserta didik kelas VIII C mengalami peningkatan setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LMS.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-01