PELATIHAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DAN LITERASI DI KALANGAN ANAK-ANAK LOKAL DI OPEN FLOW LEARNING CENTRE

Penulis

  • Sulatra, I Komang Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewi, Ni Made Sinta Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Open Flow Learning Centre, Bahasa Inggris, Teknologi, Pengajaran

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang memainkan peran penting dalam komunikasi global, perkembangan ilmu pengetahuan, dan interaksi lintas budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan bahasa Inggris dan literasi pada anak-anak lokal dalam program English class di Open Flow Learning Centre. Tantangan mengembangkan keterampilan bahasa Inggris di kalangan anak-anak lokal, terutama dalam lingkungan non-bahasa Inggris, menjadi fokus utama. Penelitian ini dilakukan dengan melalui observasi, hasil penelitian mengidentifikasi faktor aksesibilitas sumber daya, metode pengajaran yang sesuai, dukungan lingkungan sosial, dan hambatan budaya sebagai pengaruh utama. Penelitian ini menunjukkan pentingnya integrasi bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari dan pendekatan inovatif dengan teknologi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Hasilnya memberikan pemahaman yang lebih baik tentang upaya pendidik dalam memajukan kemampuan bahasa Inggris dan literasi anak-anak lokal, mempersiapkan mereka menghadapi masa depan global yang kompleks.

Referensi

Alfarisy, F. (2021). Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia dalam Perspektif Pembentukan Warga Dunia dengan Kompetensi Antarbudaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 303–313. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.207

Dockstader, J. 2008. Teachers of the 21st Century Know the What, Why, and How of Technology Integration. Retrieved from http://the-tech.mit.edu/Chemicool.

Education Open Flow Learning Centre Bali. Retrieved from www.openflowlearning.org

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31