STRATEGI PEMASARAN UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BIMBINGAN BELAJAR GIAT DI DAERAH LEGIAN
Kata Kunci:
Bimbingan belajar, pemasaran, brosur, sosial mediaAbstrak
Selama masa pandemic Covid-19 yang sudah melanda seluruh dunia khususnya Indonesia dari
2020 kemarin menyebabkan hampir seluruh sekolah dari TK hingga perguruan tinggi harus dibelajar
rumahkan. Hal ini tentu menyebabkan adanya beberapa pro dan kontra dari orang tua siswa atas
keputusan pemerintah mengenai hal tersebut. Karena menurut mereka sangat kurang efektif jika anakanak hanya belajar di rumah tanpa adanya bimbingan secara langsung oleh guru di sekolah. Oleh karena
itu, selama masa pandemi terdapat banyak tempat bimbingan belajar yang baru di buka guna untuk
membantu orang tua dan terutama untuk siswa yang kesulitan dalam belajar. Salah satu nya adalah
bimbingan belajar Giat. Terletak di Jln.Sri Rama, Legian, Badung yang menyediakan jasa bimbingan
belajar untuk anak pra TK hingga SMP. Secara keseluruhan tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan penjualan atau jumlah siswa di bimbingan belajar Giat. Sehingga di perlukan beberapa
strategi pemasaran. Adapun cara yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui sebar brosur kepada
masyarakat sekitar di daerah Legian dan juga promosi melalui social media seperti Instagram dan
facebook. Hasil program kerja menunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa di bimbingan belajar
Giat.
Referensi
Rosyida, I. K. (2018). Implementasi Mahasiswa KKN Dalam Bidang Pendidikan di
SD N 02 Jambu dan SMP Muhammadiyah Jambu. Universitas
Muhammadiyah Semarang.
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm di Indonesia. Jurnal
Lentera Bisnis.
Jaya, D. A. (2020). Mengembangkan Strategi Pemasaran Secara Online Pada UMKM
“Baru Jaya Las Listrik” Berbasis Teknologi Serta Sosialisasi New Normal Pada
Masa Pandemi Covid-19. Institut Bisnis dan Informatika Darmajaya Bandar
Lampung