PROYEK KEMANUSIAAN KEPADA KORBAN GEMPA TEMAKUNG-PENERAPAN KURIKULUM MBKM
Kata Kunci:
Kurikulum MBKM; Proyek kemanusiaan; gempa; TemakungAbstrak
Proyek kemanusiaan sebagai salah satu bentuk kegiatan Kurikulum MBKM memberi peluang kepada perguruan tinggi untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata kepada masyarakat dan memperluas model pembelajaran beriorientasi proyek di luar kelas yang mengasah kepekaan dan keterampilan soft-skill lainnya. Proyek kemanusiaan pada artikel ini membahas mengenai kegiatan penggalangan bantuan untuk para korban bencana gempa di desa Temakung Kabupaten Karangasem. Proyek yang ditenggarai oleh mahasiswa dan didukung penuh oleh lembaga ini nyata memberi kontribusi, bukan hanya kepada warga yang dibantu, melainkan juga kepada mahasiswa yang terlibat, dan juga kepada perguruan tinggi itu sendiri. Namun, masih perlu dipikirkan secara matang keberlanjutan pelaksanaan kegiatan ini untuk dapat lebih maksimal dalam mencapai target pembelajarannya.
Referensi
Arnold, E.P. (1986) Southest Asia Association on Seismology and Earthquake Engineering. Indonesia: Series on Seismology Volume V
Badan Nasional Penanggulangan Bencana, https://bnpb.go.id/potensi-ancaman-bencana
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Jakarta
Januarti, Nur Endah & Martiana, Aris. (2021). Model Kegiatan Pembelajaran Proyek Kemanusiaan. Daerah Istimewa Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta.
Lasauskiene, Jolanta & Rauduvaitė, Asta. (2015). Project-Based Learning at University: Teaching Experiences of Lecturers. Procedia - Social and Behavioral Sciences p788-792.
Ornstein, A.C. and Hunkins, F. P. (2004). Curriculum : Foundation, Principles, and Issues. New York : Pearson Education, Inc
Universitas Mahasaraswati Denpasar. (2021). Panduan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Universitas Mahasaraswati Denpasar. Bali