PELATIHAN HOSPITALITY KEPADA SISWA LPK SINGARAJA DAN LAMPUNG SECARA DARING

Penulis

  • Andriyani Anak Agung Ayu Dian Universitas Mahasarasawati Denpasar
  • Wijaya Gede Timika Universitas Mahasarasawati Denpasar
  • Aridayani Made Lady

Kata Kunci:

LPK Singaraja dan Lampung; bisnis; hospitality

Abstrak

Lembaga Pelatihan Kerja atau yang disebut dengan LPK adalah sebuah instansi pemerintah, yang memenuhi persyaratan untuk menyelenggarakan pelatihan kerja. Dalam dunia kerja, sebuah keramah tamahan sangatlah penting untuk mengembangkan sebuah bisnis. Berhubungan dengan hal tersebut Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar bekerjasama dengan LPK Singaraja dan Lampung untuk melaksanakan pengabdian pelatihan dan pengajaran dari Dosen dan mahasiswa UNMAS kepada LPK Singaraja dan Lampung tentang keramah tamahan atau yang lebih dikenal dengan hospitality, dalam Bahasa Jepang disebut denan omotenashi.Tujuan pelatihan ini pertama yaitu untuk menambah wawasan siswa LPK serta meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, tamu serta kehidupan bermasyarakat di Jepang, dengan maksud memberikan rasa nyaman, aman dan senang saat berintraksi. Adanya pandemi Covid-19 pelatihan dan pengajaran dilakukan secara online dengan memanfaatkan media zoom.

Referensi

pewarta-indonesia.com. Kelebihan dan kekurangan aplikasi zoom. 15 Augustus 2021. 14.00 [diakses pada 7 Februari 2022]. Diakses dari https://pewarta- indonesia.com/2021/08/kelebihan-dan-kekurangan-menggunakan-aplikasi-zoom-cloud-meeting/

panasonic.com. OMOTENASHI: Pelayanan Sepenuh Hati – Sebuah Esensi pada Jamuan di Rumah.15.00 [diakses pada 7 Februari 2021]. Diakses dari https://www.panasonic.com/id/consumer/aspire/005/omotenashi.html#:~:text=Omotenashi%20adalah%20kosakata%20bahasa%20Jepang,yang%20berarti%20%E2%80%9Ctidak%20ada%E2%80%9D.&text=Konsep%20Omotenashi

we-xpats.com. Omotenashi: Keramahan dalam Segala Segi Kehidupan Masyarakat Jepang. 12 November 2020. 16.00 [diakses pada 7 Februari 2021]. Diakses dari https://we-xpats.com/id/guide/as/jp/detail/4315/

DEWI, Ni Made Andry Anita. KESANTUNAN BERBAHASA JEPANG OLEH STAF GRO

DI BIRO PERJALANAN WISATA DI BALI. Linguistik: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana , [Sl], v. 21, sep. 2014. ISSN 2656-6419. Tersedia di: < https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/21883 >. Tanggal diakses: 12 Desember 2021.

Nurita,Wayan dan Ni Wayan Meidariani. Maret 2020. Bahasa Jepang Perhotelan Effective Japanese For Hotel Staff. Badunng , Bali : NILACAKRA – anggota IKAPI

Lutfi, A. M., Arianto, A., Arnyanty, H. S., Indriyani, R., Hidayatullah, F., Tari, Y., ... & Effendy, S. N. R. A. (2020). Media Daring (Online) Solusi Pembelajaran Jarak Jauh. IAIN Parepare Nusantara Press

Meidariani, N. W., Ngailo, E., & Wiryawan, I. W. G. (2021, December). PELATIHAN BAHASA INGGRIS SISWA-SISWI SD DI DAERAH TERTINGGAL DESA MANUKUKU PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. In PROSIDING SEMINAR REGIONAL Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 (pp. 821-826).

Andriyani, A. A. A. D., Rahayu, E. T., Hartati, H., & Santika, I. D. A. D. M. (2021). Pelatihan Berkomunikasi Lisan Melalui Tata Bahasa Jepang bagi Pemandu Wisata Khusus di Kabupaten Bangli. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(4), 330-339.

Andriyani, A. A. A. D., & Wijaya, G. T. (2021). PELATIHAN PENULISAN HURUF KANA BAGI PEMANDU WISATA KHUSUS. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FAKULTAS BAHASA ASING UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR (SENADIBA) 2021 (Vol. 1, No. 1, pp. 104-110).

Permana, I. W. S. A., & Parameswara, I. P. G. (2021). Pembelajaran Bahasa Jepang Daring Pada Siswa Pasraman Prabha Budaya Denpasar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 33-41.

Sundayra, L., & Nurita, W. (2021). PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI PENGAJARAN BAHASA JEPANG KEPADA SISWA SMK. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FAKULTAS BAHASA ASING UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR (SENADIBA) 2021 (Vol. 1, No. 1, pp. 183-190).

Ariffin, AAM, & Maghzi, A. (2012). Sebuah studi pendahuluan pada harapan pelanggan perhotelan hotel: Pengaruh faktor pribadi dan hotel. Jurnal Internasional Manajemen Perhotelan , 31 (1), 191-198.

Roza, I. (2012). ” Ojigi” sebagai Alat Komunikasi. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 13(1).

Januario, R. (2019). KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN BENGKULU MASA PENDUDUKAN JEPANG TAHUN 1942-1945 (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Jamil, A. S., & Destiarni, R. P. (2021). PERAN PROGRAM MAGANG JEPANG BAGI PETANI MUDA DALAM MEREGENERASI PETANI INDONESIA THE ROLE OF THE JAPANESE INTERNSHIP PROGRAM FOR YOUNG FARMERS IN REGENERATING INDONESIAN FARMERS. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Juli, 7(2), 1407-1416.

Diterbitkan

2022-04-28