PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DASAR BAGI SISWA SDN 1 SAYAN UBUD MELALUI PROGRAM PELATIHAN INTERAKTIF

Penulis

  • I Made Juliarta Universitas Bali Dwipa
  • I Gede Nika Wirawan ITB-STIKOM Bali
  • Widya Fhitri Universitas Dharma Andalas
  • I Gede Madriana Universitas Bali Dwipa

DOI:

https://doi.org/10.36733/lokasaraswati.v4i2.12848

Kata Kunci:

Bahasa Inggris Dasar; Pelatihan Interaktif; SDN 1 Sayan Ubud; Peningkatan Kemampuan; Pendidikan Dasar.

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dasar siswa-siswa di SDN 1 Sayan Ubud melalui implementasi program pelatihan interaktif. Latar belakang penelitian ini didasari oleh observasi bahwa meskipun bahasa Inggris merupakan keterampilan penting di era globalisasi, tingkat penguasaan bahasa Inggris dasar di kalangan siswa sekolah dasar masih perlu ditingkatkan, khususnya di daerah yang berpotensi menjadi destinasi pariwisata seperti Ubud. Program pelatihan ini dirancang dengan metode yang berpusat pada siswa, mengintegrasikan aktivitas partisipatif, permainan edukatif, dan penggunaan media audio-visual untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan efektif. Pendekatan ini diharapkan dapat menstimulasi minat siswa dalam belajar bahasa Inggris serta mempercepat akuisisi kosakata dan pemahaman dasar. Pelaksanaan program melibatkan tahapan perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa, serta kuesioner untuk mendapatkan umpan balik mengenai efektivitas program. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah peningkatan signifikan pada kemampuan kognitif dan afektif siswa terkait bahasa Inggris, yang mencakup penguasaan kosakata dasar, kemampuan menyusun kalimat sederhana, serta kepercayaan diri dalam berkomunikasi. Diharapkan program ini dapat menjadi model bagi upaya serupa di sekolah lain untuk mendukung penguasaan bahasa Inggris sejak dini.

Referensi

Djojosuroto. 2007. Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Dijk, Teun A. Van. 2000. Ideology A Multidisciplinary Approach. New Dehli: Sage Publications

India Ltd.

Eggins, Suzanne, 2004. An Introduction to Functional Linguistics.New York: Continuum.

Halliday, M.A.K. 1978. Language as Social Semiotics.London: Edward Arnold.

Halliday, M.A.K. dan Ruqiaya Hasan. 1999. Language, Context, and Text: Aspect of Language in

Social-Semiotic Perspective. London: Deikin University.

Halliday, M.A.K. 2003.The language of Early Childhood.Webster (Edditor). London: Continuum.

Halliday, M.A.K dkk 2004.Lexicology and Corpus Linguistics An Introduction. London:

Continuum.

Halliday, M.A.K. 2014.Halliday’s Introduction to Functional Grammar.London: Routledge.

Juliarta, I. M., Fhitri, W., & Wirawan, I. G. N. (2024). PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI

SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN 1 SAYAN UBUD. Jurnal Warta Desa (JWD), 6(3),

119-124.

Martin, J R. 1992. English Text System and Structure.Amsterdam: University of Sydney.

Schleppegrell, Mary J. 2008. The Language of Schooling A Functional Linguistics Perspective.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-31