KETRAMPILAN BERBAHASA ASING PRAMUNIAGA DI TOKO DEUS UBUD

Penulis

  • Ni Wayan Meidariani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Wahyu Cipta Widiastika Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstrak

Perkembangan pariwisata di Bali semakin membaik dari tahun 2022. Peningkatan pariwisata di Bali, telah menyebabkan peningkatan dalam sektor industri dan usaha. Setiap sektor usaha, selain menonjolkan produk yang ditawarkan kepada wisatawan, juga menonjolkan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Toko Deus Ubud sebagai mitra merupakan produk brand pakaian asal Australia yang mana target pasar utamanya adalah Eropa dan Asia. Dalam dunia usaha di daerah pariwisata, ketrampilan berkomunikasi menjadi salah satu kunci untuk telibat dalam dunia usaha pariwisata. Ketrampilan berkomunikasi dalam bahasa asing merupakan nilai tambah dalam pemberian pelayanan, mulai dari interaksi dengan konsumen dan memberikan pelayanan secara lebih memuaskan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan keterampilan berbahasa asing bagi para pramuniaga di toko DEUS Ubud. Tim pelaksana memberikan pelatihan bahasa asing selama dua tiga bulan, yang terdiri dari dua bulan memberikan pelatihan dan satu bulan melakukan observasi untuk memantau keberhasilan pelatihan. Mitra kegiatan mampu menggunakan bahasa Jepang dalam menangani pelanggan wisatawan Jepang untuk memberikan salam dan menjelaskan harga barang. Pelanggan wisatawan Jepang merasa nyaman karena disambut dengan bahasa Jepang oleh pramuniaga di Toko DEUS Ubud.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-28