PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD 11 DAUH PURI DENPASAR, BALI

Penulis

  • I Gusti Agung Sri Rwa Jayantini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Mela Tustiawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gede Irwandika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Perdana Skolastika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Nova Winarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Sulatra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini direalisasikan melalui pendampingan dalam upaya pengembangan kompetensi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Kegiatan ini diimplemantasikan di sekolah negeri di kawasan Denpasar Barat, SD No 11 Dauh Puri Denpasar, Bali. Ruang lingkup pengabdian ini adalah dalam bidang pendidikan dengan tujuan agar para guru SD 11 Dauh Puri meningkatkan kompetensi para guru dalam bidang kompetensi mengajar. Metode yang diterpakan adalah ceramah dan diskusi. Materi yang diberikan menyasar peningkatan kompetensi guru, terutama kompetensi kepribadian dan sosial yang direalisasikan melalui metode pelatihan dan penyuluhan serta pendampingan melalui konsultasi. Pelatihan dilakukan secara intensif dan interaktif dengan pemaparan materi dan praktik sebagai realisasi pelatihan dan penyuluhan, wawancara secara mendalam yang hasilnya dipetakan sebagai hasil pendampingan. Kompetensi kepribadian dan sosial berfokus pada kemampuan pendekatan yang dilakukan para guru kepada peserta didik. Dengan pemberian wawasan dan latihan mengenai professional development berupa komunikasi berbasis nilai, pengembangan kompetensi sosial melalui konsep value-based atmosphere, dan pendekatan mengajar Abad 21. Semua materi disampaikan dengan metode interaktif dengan evaluasi melalui wawancara mendalam untuk memetakan hasil yang diperoleh dalam penerapan materi pengabdian yang diajarkan. Hasil dalam pengabdian ini adalah (1) guru mampu mengidentifikasi kekuarangan dan kelebihan dalam komunikasi sosial kepada peserta didik, dan (2) guru mengetahui cara-cara pengembangan kepribadian berbasis value dan strategi mengajar di abad 21.

Diterbitkan

2025-06-28