Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

Authors

  • I Kadek Surya Adnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anik Yuesti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desak Ayu Sriary Bhegawati Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

taxpayer awareness, tax knowledge, tax sanctions, public service accountability, mandatory compliance.

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of taxpayer awareness, tax knowledge, tax sanctions and public service accountability on motor vehicle taxpayer compliance. This research was conducted at the Denpasar Joint Samsat Office. Data collection uses primary data in the form of respondent's question data in answering the questionnaire. The sampling method used in this research is probability sampling technique. The number of samples selected is as many as respondents. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis techniques. The results showed that taxpayer awareness has a positive effect on motor vehicle tax compliance, tax knowledge has a positive effect on motor vehicle tax compliance, tax sanctions have a positive effect on motor vehicle tax compliance and public service accountability has a positive effect on motor vehicle tax compliance.

References

Ajzen, I. & Fishbein, M. 1980. Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior Englewood Cliffs. NJ: Prentice-Hall.

Andini, A. A. I. Y., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan, Sanksi Perpajakan, dan Penerapan E-Samsat Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kecamatan Bangli. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 391-397.

Anggara, I. N. A. W., Verawati, Y., & Bhegawati, D. A. S. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kualitas Audit, Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Inovasi Akuntansi (JIA), 1(1), 88-101.

Anggreni, I. A. N. S., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Sosialisasi Perpajakan, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Desa Abiansemal Pada Masa Covid’19. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 499-505.

Aswati, W. O., Mas’ud, A., & Nudi, T. N. 2018. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kantor UPTB SAMSAT Kabupaten Muna). Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 3. No. 1.

Astari, K. W., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak, Kebijakan Pajak, Dan Persepsi Wajib Pajak Tentang Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Badung. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(1), 400-410.

Azary, V., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Kegiatan Sosialisasi Peraturan Perpajakan, Tingkat Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak PPh Pasal 25 Badan Di KPP Pratama Denpasar Timur. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(2), 280-288.

Bhegawati, D. A. S., & Dicriyani, N. L. G. M. (2021). Tax Reporting Compliance During Covid-19 Time In Dalang Village. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 25, 1-11.

Bhegawati, D. A. S., Yuesti, A., & Yani, N. K. O. Y. B.2022. Quality Administration Moderates Individual Duty Installment Consistence at Gianyar's Primary Tax Service Office.

Bhegawati, D. A. S., Yuesti, A., & Sumiantari, N. W. (2022). Analisis Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gianyar. Asian Journal of Management Analytics, 1(1), 35-50.

Bhegawati, D. A. S., Yuesti, A., & Ratna, I. G. A. A. J. (2023). Pengaruh Sanksi, Pelayanan Fiskus, Sosialisasi, Dan Kesadaran Pajak Terhadap Kepatuhan WPOP. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 15(1), 116-126.

Bhegawati, D. A. S., Verawati, Y., & Widyantari, G. A. R. (2023). Pengaruh Tarif Pajak Progresif, Kualitas Pelayanan, Sanksi, Kesadaran, Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Journal of Applied Accounting, 2(1), 17-23.

Cahyadi, I. W., & Jati, I. K. 2016. Pengaruh Kesadaran, Sosialisasi, Akuntabilitas Pelayanan Publik dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak Kedaraan bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 16. No. 3.

Cahyani, N. M. M. A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Sanksi Pajak Sebagai Variabel Moderasi Pada Masa Covid-19 (Studi Pada Desa Padangsambian Kaja). KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(5), 1495-1505.

Christina, N. K., & Kepramareni, P. 2012. ChristinaPengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Denpasar. Jurnal Riset Akuntansi, Vol. 2. No. 2

Dewi, N. P. Y. Y., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Biaya Kepatuhan Pajak, Tingkat Penghasilan Wajib Pajak, Pengetahuan Peraturan Perpajakan, Sosialisasi Pajak Dan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(3), 216-226.

Indrawan, R., & Binekas, B. 2018. Pemahaman Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UKM. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol. 6. No. 3, pp. 419-428. doi:10.17509/jrak.v4i3.4670.

Lende, A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Kemanfaatan Npwp, Kualitas Pelayanan, Pemahaman Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kecamatan Gianyar. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1).

Nurhayati, N., Fadilah, S., Iss, A., & Oktaroza, M. L. 2014. Pengaruh Kualitas Informasi Akuntansi, Akuntabilitas dan Transparansi Pelaporan Keuangan terhadap Tingkat Penerimaan Dana Zakat pada Badan Amil Zakat (BAZ) di Jawa Barat. Prosiding SNaPP Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, Vol. 4. No. 1.

Paramitha, I. G. A. P. R., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Pajak Progresif, Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Kewajiban Moral, Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama Samsat Denpasar. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(3), 205-215.

Puspa Arum, H. 2012. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas (Studi di Wilayah KPP Pratama Cilacap). Skripsi. Semarang: Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Rajif, M. 2012. Pengaruh Pemahaman, Kualitas Pelayanan dan Ketegasan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak UKM di Cirebon. E-journal Universitas Gunadarma.

Romandana, A. 2012. Anggraini, Romandana. 2012. Pengaruh Pengetahuan Pajak, Persepsi Tentang Petugas Pajak dan Sistem Administrasi Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Artikel Ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Santoso, A. P., Nurhayati, N., & Nurhayati. 2020. Pengaruh Akuntabilitas Pelayanan Publik, Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Bandung Barat). Prosiding Akuntansi, Vol. 6. No. 1.

Sadhani, N. W. Y. S., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. A. (2021). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Tentang Pajak, Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi Perpajakan terhadap Pelaksanaan Program Tax Amnesty Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Batubulan. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(3), 932-942.

Sasongko, H. A. 2008. Pengaruh Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Pencapaian Target Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama SAMSAT UPTD Kabupaten Tangerang Propinsi Banten. Skripsi. Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasioanal Veteran.

Santiari, N. M. W., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2020, November). Effect of Access to Tax, Facilities, Knowledge of Tax, Socialization Tax, and Level of Understanding of Tax on Level of Compliance with Taxpayers in Tax Payment of Motorcycle Vehicles in Samsat Office Karangasem. In Proceeding 1st International Conference of Innovation on Science and Technology for Sustainable development (ICISTSD) 2020 (Vol. 1, No. 1, pp. 205-214).

Subarkah, J., & Dewi , M. W. 2017. Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Kualitas Pelayanan, dan Ketegasan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Sukoharjo. Jurnal Akuntasi dan Pajak, Vol. 17. No. 2, pp. 61.

Sugiyani, I. G. A. A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Sosialisasi Pajak, Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 2(1), 2389-2395.

Sulistyari, P. I., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengawasan, Konsultasi Account Representative, Sosialisasi Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Badung Selatan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(2), 289-300.

Downloads

Published

2024-01-03