Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur

Authors

  • Ni Ketut Jasmine Indrayanthi A Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yuria Mendra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Wenny Saitri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Tax Knowledge, Modern Tax Administration System, Taxpayer Awareness, Service Quality, Moral Obligation, Individual Taxpayer Compliane

Abstract

Taxpayer compliance is the taxpayer's way of understanding the tax regulations that have been applied. Taxpayers who lack knowledge of tax regulations tend to be non-compliant taxpayers. This study aims to re-examine the variables of tax knowledge, modern tax administration systems, taxpayer awareness, service quality, and moral obligations on taxpayer compliance. The sample in this study was 100, namely anyone who happened to meet the researcher at the East Denpasar pratama tax service office. Determination of the sample using accidental sampling method, based on this technique, the number of samples is 100 respondents. The data analysis technique used in this study uses multiple linear regression analysis (Multiple Regression Analysis).The results showed that the modern tax administration system has a positive effect on taxpayer compliance, taxpayer awareness has a positive effect on taxpayer compliance, moral obligation has a positive effect on taxpayer compliance, while knowledge of taxation has no effect on taxpayer compliance and service quality has no effect on compliance taxpayer.

References

Amul. Nagilatul. K. II. K dan Susanti. 2017 Pengaruh Pengetahuan Perpajakan. Sosialisasi Perpajakan, Dan Penerapan System E-Eiling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Wonocolo. Jurnaal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Social.

Anik Yuesti, Ni Kadek Yuni Krisnayanti. 2019. Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak, Pemeriksaan Pajak, Penagih Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Penerimaan Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Di KPP Pratama Denpasar Timur. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen (JSAM). Universitas Mahasaraswati Denpasar. Vol. I, No, 2: Pebruari, 2019.

Arisandy, Nelsi. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 2017, 14.1:1

Adi, Titis Wahyu. 2018. Pengaruhan Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Pada KPP Pratama Cilacap Tahun 2018. Skripsi. Yograkarta.

Ariani, Dwi. 2018. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kesadaran Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Dan Dampaknya Terhadap Penerimaan Pajak. Skripsi. Semarang.

Brahmanti, Citra Prima. 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kewajiban Moral, Pengetahuan Pajak, Tingkat Penghasilan Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama SAMSAT Denpasar. Skripsi. Bali.

Boediono, 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Brata, Januar Dior; Yuningsih, Isna;Kesuma, Agus Iwan. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas Di Kota Samarinda. In: Forum Ekonomi. 2017.p. 69-81

Cahyani, Gita Dan Noviari, Naniek. 2019. Pengaruh Tarif Pajak, Pemahaman Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Jurnal. Bali.

Dewi, Ni Putu Arisna. Hubungan Persepsi Kualitas Pelayanan Aplikasi Pajak Online Dengan Persepsi Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Utara). Skripsi. Program Studi Akuntansi Jurusan Akuntansi. Fakultas Universitas Santa Dharma Yogyakarta.

Indriyani, Putu Arika; Sukartha, I. Made. Tanggung Jawab Moral, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pelaporan Wajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi. 2014.

Jaya, I,G,N,M.; Sumertajaya, I Made. Pemodelan Persamaan Structural Dengan Partial Least Square. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2008, 1:118-132

Kusuma, Kartika Candra; Yushita, Amantia Novi. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wpop. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 2017, 5.3.

Kusnendi, 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung : Alfabeta

Listyanigtyas, Ellya Florentin. 2012. Fektivitas Pelaksaan Pemeriksaan Dalam Rangka Meningkatkan Penerimaan Negara Dari Sector Pajak (Studi Kasus Di KPP Tulungagung). Jurnal Akuntansi UNESA,1(1).

Mardiasmo. 2017. Perpajakan (Edisi Terb). Yogyakarta: CV. Andi.

Mardiasmo. 2018. Perpajakan. Edisi Revisi 2018. Yogyakarta. ANDI YOGYAKARTA

Nugroho, R. A., & Zulaikha, Z. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variable Intervening (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas Yang Terdaftar Di KPP Pratama Semarang Tengah Satu) (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis).

Pera, Dan Imanda, 2017. Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepatuhan Pajak Bumi Dan Bangunan Dengan Kesadaran Sebagai Variable Intervening (Studi Pada Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kabupaten Sukoharjo) (Doctoral Dissertion, IAIN Surakarta).

Ruky Dan Putra. 2018. Pegaruh Pemahamn Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Akuntabilitas Pelayanan Public Dan Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Kantor Bersama SAMSAT Kota Jambi). E-Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 6(3), 405-418.

Suriarimbawa Dan Setiawan. 2018. Sosialisasi Perpajakan Memoderasi Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Saksi Perpajakan Pada Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, Vol.25.3.

Tambunan, B.H. 2021. Pelayanan Perpajakan, Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Balige) : Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis. Vol 21

Wulandari, Dian Sulistyorini. Analisis Kemanfaatan Npwp, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Pajak Serta Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar Di Kpp Pratama Cibitung Dengan Peran Account Representative Sebagai Variable Moderasi. Ekono Insentif, 2019, 13.2: 94-114.

Downloads

Published

2024-01-03