Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility
Keywords:
Disclosure of CSR; Profitability; Liquidity; Leverage; Company Size; Board of Commissioners SizeAbstract
The survival of the company is not only to achieve the targeted profit but also to think about the impact that comes from the company's activities on the environment around the company and the social economy of the community. There are several factors that can influence the disclosure of corporate social responsibility, namely profitability, liquidity, leverage, company size and board of commissioners size. This study aims to review the relationship between profitability, liquidity, leverage, company size and board of commissioners size on disclosure of corporate social responsibility in mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2021. The population of this research is all mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2021. The research sample was selected using purposive sampling method. The sample in this research is 17 mining companies, so the total sample is 51 companies. This study uses multiple linear regression analysis techniques. The results showed that the variables of profitability and firm size had a positive effect on disclosure of corporate social responsibility, the leverage variable had a negative effect on disclosure of corporate social responsibility, while the variables of liquidity and board size had no effect on disclosure of corporate social responsibility. Future research can develop this research by adding other variables that can affect the disclosure of corporate social responsibility, in order to obtain more optimal results.
References
Abbas, D. S., Hakim, M. Z., & Istianah, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017). Competitive Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 1-25.
Almiyanti, V. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas Dan Basis Kepemilikan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, 1-18.
Fahrizqi, A., & DARSONO, D. (2010). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dalam laporan tahunan perusahaan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Fauziah, I., & Asyik, N. F. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(3).
Hano’e, M. T. F. (2021). Analisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan likuiditas terhadap pengungkapan corporate social (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019) (Doctoral dissertation, STIE Malangkucecwara).
Hardian, A. P., & Asyik, N. F. (2016). Kinerja keuangan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, CSR sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(9).
Indraswari, G. A. D., & Astika, I. B. P. (2015). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan CSR. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 11(1), 289-302.
Kamil, A., & Herusetya, A. (2012). Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap luas pengungkapan kegiatan corporate social responsibility. Media Riset Akuntansi, 2(1).
Kusuma, M. E. (2017). Pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur di Indonesia. SKRIPSI-2017.
Mudjiyanti, R., & Maulani, S. S. (2017). Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan terdaftar di bursa efek indonesia. Media Ekonomi, 17(1), 7-12.
Permatasari, H. D., & Prasetiono, P. (2014). Pengaruh Leverage, Tipe Industri, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2012) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Pratiwi, L., & Ismawati, K. (2019). Analisis Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014. Surakarta Accounting Review, 1(1), 16-25.
Purba, I. A. P. L., & Candradewi, M. R. (2019). Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Manajemen, 8(9), 5372-5400.
Purba, I. B. G. I. W., & Yadnya, I. P. (2015). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap profitabilitas dan pengungkapan corporate social responsibility (Doctoral dissertation, Udayana University).
Puspitasari, A. (2019). Pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas, leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Periode 2016-2018) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Putri, R. K., Zulbahridar, Z., & Kurnia, P. (2017). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, likuiditas, dan basis kepemilikan terhadap corporate social responsibility pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2012-2014 (Doctoral dissertation, Riau University).
Respati, R. D., & Hadiprajitno, P. B. (2015). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran perusahaan, Tipe Industri, dan Pengungkapan Media Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014). Diponegoro Journal of Accounting, 4(4), 338-348.
Rofiqkoh, E., & Priyadi, M. P. (2016). Pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(10).
Santioso, L., & Chandra, E. (2012). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, umur perusahaan, dan dewan komisaris independen dalam pengungkapan corporate social responsibility. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 14(1), 17-30.
Saputra, S. E. (2016). Pengaruh leverage, profitabilitas dan size terhadap pengungkapan Corporate social responsibility pada perusahaan di bursa efek Indonesia. Journal of Economic and Economic Education, 5(1), 75-89.
Suryandari, N. N. A., & Mongan, F. F. A. (2020). Nilai Perusahaan Ditinjau Dari Tanggung Jawab Sosial, Tata Kelola, Dan Kesempatan Investasi Perusahaan. Accounting Profession Journal (APAJI), 2(2), 94-103.
Widyatmoko, R., & ARDIYANTO, M. D. (2011). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Laporan Tanggung jawab Sosial (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Wulandari, N. M. I., & Wiksuana, I. G. B. (2017). Peranan Corporate Social Responsibility dalam memoderasi pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (Doctoral dissertation, Udayana University).
Yanti, N. K. A. G., & Budiasih, I. G. A. N. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 17(3), 1752-1779.