PENGARUH PENERAPAN E-SAMSAT, KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, SOSIALISASI PERPAJAKAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT DENPASAR

Authors

  • Ni Nyoman Pusayanti1 universitas mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Cahyadi Putra universitas mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Gede Mahayu Dicriyani universitas mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Implementation of e-samsat, taxpayer awareness, service quality, tax socialization, tax sanctions, taxpayer compliance.

Abstract

This study aims to examine and obtain empirical evidence of the effect of implementing e-samsat, taxpayer awareness, service quality, tax socialization, and tax sanctions on the level of compliance of motorized vehicle taxpayers at the Denpasar Samsat Joint Office. The population in this study was 841,101 which are motorized vehicle taxpayers who have paid motor vehicle taxes at the Denpasar Samsat Joint Office in 2020. The sample in this study amounted to 100 respondents using the slovin formula and determined based on themethod accidental sampling. The primary data collection method used a questionnaire, while the secondary data was a database obtained from the Denpasar Samsat Joint Office. The analysis technique used is multiple linear regression analysis technique. Based on the results obtained from this study, it shows that the variables of e-samsat implementation, taxpayer awareness, service quality have a positive effect on motor vehicle taxpayer compliance at the Denpasar Samsat Joint Office, while the tax socialization variables and tax sanctions have no effect on motor vehicle taxpayer compliance. at the Denpasar Samsat Joint Office.

 

References

Adidharma, G. A. N. A. (2018). Pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan dan pemahaman pajak, sanksi perpajakan, akuntabilitas pelayanan publik dan tarif pajak pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. SKRIPSI-2018.

Agustin, N. S., & Putra, R. E. (2019). Pengaruh kesadaran masyarakat, sanksi perpajakan dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor pada Samsat Kota Batam. MEASUREMENT: Journal of the Accounting Study Program, 13(1), 55-62

Andini, Anak Agung Istri Yulianti. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan, Sanksi Perpajakan, dan Penerapan E-Samsat Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kecamatan Bangli. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Apriani, Ni Putu Ayu Tina. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pada Kantor Bersama Samsat Tabanan. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Aprilliyana, P. (2017). Pengaruh Tarif Pajak, Kesadaran Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Studi Pada WPOP Samsat Kota Surakarta. Skripsi–Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Belananda, Maulia Regita (2020) Pengaruh Sosialisasi Pajak, Pengetahuan Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Pajak, terhadap Kepatuhan Membayar Pajak kendaraan Bermotor dengan Variabel Pemoderasi Sanksi Pajak (Studi Empiris pada Kantor Samsat Kabupaten Batang. Ringkasan Skripsi thesis, STIE YKPN.

Chusaeri, Y., Diana, N., & Afifudin, A. (2017). Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Batu). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 6(09).

Dewi, N. K. A. P., & Jati, I. K. (2018). Pengaruh Sosialisasi, Kualitas Pelayanan, Sanksi dan Biaya Kepatuhan Pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 25(1), 1-30.

Farandy, M. R. (2018). Pengaruh Sanksi Administrasi, Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Pendapatan Dan Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Empiris pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Kantor SAMSAT Purbalingga).

Handayani Barus, S. A., Kamaliah, K., & Anisma, Y. (2016). Pengaruh Akses Pajak, Fasilitas, Sosialisasi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Doctoral dissertation, Riau University).

Mardiasmo. 2019. Perpajakan Edisi 2019. Yogyakarta : Andi.

Nashihah, D. (2021). Pengaruh Penerapan E-Samsat dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan dengan Kesadaran sebagai Variabel Intervening Kabupaten Pati (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Purnamawati, I Dewa Ayu Nindya. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Kewajiban Moral dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Gianyar. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Putri, K. A. M. P., Yasa, I. N. P., & Wahyuni, M. A. (2018). Pengujian Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pengguna Samsat Online (Studi Pada Kantor Samsat Kabupaten Buleleng). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 9(2).

Ramadanty, H. (2020). Pengaruh Penerapan e-Samsat dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Wajib Pajak di Samsat Jakarta Barat) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rostyavisia, R. (2020). Pengaruh Sanksi Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib Pajak kendaraan Bermotor di kantor Samsat Bantul) (Doctoral dissertation, STIE YKPN).

Rusmayani, N. M. L., & Supadmi, N. L. (2017). Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan, Sanksi dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 173-201.

Sari, K. D. A., & Suryandari, N. N. A. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kualitas Audit, Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2018-2020. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 2(1), 2186-2195.

Supiawan, I Komang Endra. (2019). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Pajak, Sanksi Pajak, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Gianyar. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Susanti, L., & Ery Setiawan, P. (2019). Pengaruh Layanan Samsat Corner, Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 29(2), 630 – 644.

Susanti, N. A. (2018). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Dan Penerapan E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Sleman).

Ummah, M. (2015). Pengaruh kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, pengetahuan perpajakan dan pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Semarang. Jurnal Ekonomi, 1-14.

Utama, I., & Mustika, W. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan, sanksi perpajakan dan biaya kepatuhan terhadap kepatuhan wajib pajak. E-Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia, h, 453.

Wardani, D. K. (2018). Pengaruh Program E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Kepuasan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Samsat Daerah Istimewa Yogyakarta). Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 15(2).

Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 15-24.

Widowati, R. (2015). Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Pengetahuan Pajak dan Pelayanan Fiskus. Tugas Akhir. Universitas Dian Nuswantor. Semarang.

Wijayanti, L., & Sukartha, I. (2018). Pengaruh Tarif Progresif, Kualitas Pelayanan, Sosialisasi Perpajakan dan Pengetahuan Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi, 25(3), 2011-2040.

Wulandari, D. (2020). Pengaruh pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, sistem samsat drive thru dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di kantor samsat Bekasi. SKRIPSI-2020.

Wulandari, Ida Ayu Kadek Sri. (2020). Pengaruh Pengaruh Penerapan Sistem E-Samsat, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus di Kantor Bersama Samsat Klungkung). Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Wulandari, Ni Luh Putu Mita. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pada Kantor Bersama Samsat Kabupaten Badung. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Wuryanto, L., Sadiati, U., & Afif, M. N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akunida, 5(2), 15-31.

Published

2022-12-01