PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
Keywords:
Firm Value, Profitability, CSRAbstract
Company value is the views and thoughts of investors on the current and future level of success of the company. The value of the company is very important, because it becomes a benchmark for company performance. Investors will be more interested in companies that have a good image because the better the company, the higher consumer loyalty to buy the company's products. Disclosure of CSR in the annual report is expected to increase the value of the company. This study aims to determine and analyze the effect of profitability on firm value with the disclosure of Corporate Social Responsibility as a moderating variable in the consumer goods industrial sector. The population in this study is the consumer goods industrial sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018 - 2020. The sample of this study was 84 samples of the consumer goods industrial sector companies which were determined based on the purposive sampling method. The analytical tool used to test the hypothesis is Moderated Regression Analysis (MRA). The results show that profitability has a positive effect on firm value. CSR is not able to moderate the effect of profitability on firm value. Further research can develop research by using other variables or adding other variables that are more relevant to firm value such as firm size and dividend policy.
References
Carningsih, C. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Hubungan Antara Kinerja Keuangan Dengan Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.
Dewa, G. P., Fachrurrozie, F., & Utaminingsih, N. S. 2014. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Luas Pengungkapan Csr sebagai Variabel Moderasi. Accounting Analysis Journal, 3(1).
Hadi, A. S. 2019. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi (Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia 2014-2016). (Doctoral dissertation, University Of Muhammadiyah Malang).
Harningsih, S., Agustin, H., & Setiawan, M. A. 2019. Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan csr dan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(2), 199-209.
Indonesia. Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal. Sekretariat negara. Jakarta.
Listiani, N.K. 2016. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Mahasaraswati. Denpasar.
Marintan, H. 2017. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati. Denpasar.
Maulidyah, Ana Nur, And Astri Fitria. 2018. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (Jira) 7.11 (2018).
Mufidah, Nur Mufidah, and Puji Endah Purnamasari. 2018. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating." El Dinar 6.1 (2018): 64-82.
Nisa, Ita Khoerun. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Dari Tahun 2012–2015). Diss. Universitas Negeri Semarang.
Nurhayati, N. 2020. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Indeks LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018 (Doctoral dissertation, STIE Indonesia Banjarmasin, 2020).
Oktrima, Bulan. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Journal. Universitas Pamulang.
Pradita, R. A., & Suryono, B. 2019. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(2).
Prena, G. D., & Muliyawan, I. G. I. 2020. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi), 19(2), 131-142.
Setiawan, Ketut, Ni Luh Gde Novitasari and Ni Luh Putu Widhiastuti. 2021. Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA) 3.1: 302-312.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi. Bandung: CV Alfabeta.
Suryandari, N. N. A., & Mongan, F. F. A. (2020, November). Company Characteristics and Corporate Social Responsibility Disclosures. In Proceeding 1st International Conference of Innovation on Science and Technology for Sustainable development (ICISTSD) 2020 (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9).
Wati, Kurnia Julia. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Moderasi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bengkulu.
Widyawati, Nita Tri. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 2.4 (2014).
www.idx.co.id