PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PERPAJAKAN, MOTIVASI WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN PEMAHAMAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PRLAYANAN PAJAK PRATAMA BADUNG UTARA
Keywords:
Service Quality, Tax Sanctions, Taxpayer Motivation, Tax Socialization, Tax Understanding, Taxpayer ComplianceAbstract
This study aims to examine the effect of service quality variables, tax sanctions, taxpayer motivation, tax socialization and tax understanding on individual taxpayer compliance. The population of this research is 95,542 individual taxpayers registered at KPP Pratama North Badung. The sample used was 100 respondents who were determined based on the accidental sampling method using the Slovin formula. The primary data collection method used a questionnaire while the secondary data was obtained from the KPP Pratama North Badung database. The data analysis techniques used are Descriptive Statistical Analysis, Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression Analysis, and Model Feasibility Test. While the data quality test used is the Validity Test and Reliability Test. The results showed that the variables of service quality, while tax sanctions, taxpayer motivation, and tax socialization had no effect on individual taxpayer compliance at North Badung Tax Office, and tax understanding had a positive effect on individual taxpayer compliance at North Badung Tax Office.
References
Ainul. Nazilatul. K. II. K. & Susanti. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, dan Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Wonocolo. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial.
Amri. Hairul & Syahfitri. D I. 2020. Pengaruh Pegetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupa Sumbawa. Jurnal Of Accounting, Finance and Auditing.
Ariesta, Ristra Putri. 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Sistem Adminitrasi Perpajakan Moderen, Pengetahuan Korupsi, Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Semarang Candisari. Fakultas Ekonomi Universitas Negri Semarang.
Bahri. S. Diantimala. Y & Majid. M. S. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Pada KPP Pratama Kota Banda Aceh). Jurnal Perpekstif Ekonomi Darussalam. 4 (2)
Dewi. Ni Putu Arisna. Hubungan Persepsi Kualitas Pelayanan Aplikasi Pajak Online dengan Persepsi Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Utara). Skripsi. Program Studi Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Universitas Santa Dharma Yogyakarta.
Dwi, Pasca Rizki. 2015. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada UMKM yang Terdaftar Sebagai Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). Skripsi. Brawijaya: Fakultas Ilmu Adminitrasi Universitas Brawijaya.
Dwipayana, I. G. N. A., Suryandari, N. N. A., & Munidewi, I. A. B. (2021). Pengaruh Pengalaman Kerja Terhadap Keputusan Etis Konsultan Pajak Di Provinsi Bali Dengan Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Pemoderasi. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(3), 34-42.
Ginting, Angela Vita Loka. Sabijono, Harijanto. Dan Pontoh, Winston. 2006. Peran Motivasi Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada WPOP Kecamatan Malalayang Kota Manado). Skripsi. Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.
Jelantik, I Gusti Gnurah Kesariya. 2018. Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Dan Kewajiban Moral Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama Samsat Karangasem. Skripsi. Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Kusuma, Kartika Candra. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peaturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap KepatuhanWajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Tahun 2014 (Studi Kasus pada Wajib Pajak yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Penyuluhun dan Konsultasi Perpajakan Wonosobo). Skripsi. Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta.
Mardiasmo. 2006. Perpajakan Edisi Revisi 2006. Yogyakarta: Andi.
Oktavia. Chaterin Floretta. 2021. Pengaruh Etika, Motivasi Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, dan Transparansi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Sripsi. Program Studi akuntansi Palembang.
Prasetya, A. A Ngurah Bagus Wira. 2012. Pengaruh Tanggung Jawab Moral Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan BPR Pada Kantor Pelayanan Pratama Tabanan. Skripsi. Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.
Pradnya. Ni Luh Puspa. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratam Badung Selatan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasarwati Denpasar.
Rianty. Martha. & Syahputera. Riza. 2020. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. BALANCE: Jurnal Akuntansi dan Bisnis. 5 (1)
Soedarjia, Domitila. 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Badung Utara. Skripsi. Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Septyani, Ayu Eka. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pemahaman Wajib Pajak Dan Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Final Terhadap Kepatuhan Pembayaran Pajak Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Denpasar. Skripsi. Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.