KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA DI KECAMATAN KUTA SELATAN

Authors

  • Putu Nadya Sri Krisnawati universitas mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Sunarwijaya universitas mahasaraswati Denpasar
  • Made Santana Putra Adiyadnya universitas mahasaraswati Denpasar

Keywords:

User Satisfaction, Information Technology, Personal Engineering Ability, System Quality, Service Quality and Perceived Usefulness

Abstract

The success of an accounting information system in managing village finances is very important to note. The good and bad performance of an information system can be seen through user satisfaction. This study aims to measure the satisfaction of users of accounting information systems in all LPDs in South Kuta District. The theory used in this study is the Technology Acceptance Model (TAM) and End User Computing Satisfaction (EUCS). The population of this study were all employees at the LPDs in South Kuta District, amounting to 307 people. The sample in this study amounted to 68 people who were determined based on the purpove sampling method and the data that had been collected. The analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results showed that the variables of information technology, system quality and service quality had a positive effect on user satisfaction with accounting information systems. While the variables of personal technical ability and perceived usefulness have no effect on user satisfaction with accounting information systems.

References

Amalia, R., Ridwan, & Bakry, MI (2016). Pengaruh Dukungan Top Management, Pelatihan Pengguna SIA, Kemampuan Tehnik Personal SIA Terhadap Kepuasan Pengguna SIA. Jurnal Katalogis, Vol. 4, No. 9, 83-94. Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha (Vol, 2017, 8.2)

Amalia, Syara Mutiara. “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi”. E-Proceeding of Management: Vol 3, No 2 Agustus 2016

Ariani, Komang Desi. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Diss. IIB DARMAJAYA, 2018.

Dharmawan,Joshua, and Jimmy Ardianto. "Pengaruh Kemutakhiran Teknologi, Kemampuan Teknik Personal Sistem Informasi, Program Pelatihan Pengguna Dan Dukungan Manajemen Puncak Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi." Ultimaccounting: Jurnal Ilmu Akuntansi 9.1 (2017): 60-78.

Dwitrayani,Made Christin, A. A. G. P. Widanaputra, and I. G. A. M. A. D. Putri. "Pengaruh kecanggihan teknologi informasi, partisipasi manajemen, budaya organisasi dan kepuasan pengguna pada efektivitas sistem informasi akuntansi Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Badung." E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 1 (2017): 197-222.

Fauziah,Ulfah. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Informasi Akuntansi dan Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Pengguna pada Bank Umum Syariah di Bandung. Diss. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis (UNISBA), 2015.

Ghozali,Imam. 2018. ”Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 25”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hanan, Zhafirah. “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Persepsi Kegunaan, Kualitas Informasi, dan Dukungan Manajemen Puncak Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi (Studi pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara.

Indrajit, Richardus Eko. 2011. Peranan Teknologi Informasi dan Internet. Yogyakarta: Andi Offest

Setyowati, Elisabeth Octaviana Tri, and Agustini Dyah Respati. "Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Computer Self Efficacy, Dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi." Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan 13.1 (2017): 63-75.

Jogiyanto. 2007. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi

Jogiyanto. 2008. Sistem Informasi Keperilakuan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi

Kartika, Nilam Dwi, and Adnanti WA Anton. "Analisis Kualitas Sistem Informasi, Perceived Usefulness dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan End User Software Akuntansi." SNA XI Lampung (2016).

Kasmir. 2005. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Luckytasari, Iva Fitdia. “Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi” Diss. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, 2018.

Mulyadi. 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Nuraldi,Ridhwan. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Diss. Universitas Muhammadiyah Gresik, 2017.

Nova, I. K. S., & Suryandari, N. N. A. (2016). Implementasi Budaya Thk, Perspektif Usia Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi. Prosiding Semnas Hasil Penelitian.

Peraturan Daerah Provinsi Daerah Tingkat I Bali No. 2 Tahun 1988 tentang Lembaga Perkreditan Desa.

Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 Tahun 2007 tentang Lembaga Perkreditan Desa.

Pertiwi. “Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna End User Computing dengan Ketidakpastian Tugas Sebagai Variabel Moderating Pada Karyawan Perguruan Tinggi di Kota Medan”. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi Vol 04 No 01, Februari 2016:610-22

Pramanik, Rikfi Konia. “Pengaruh Teknologi Informasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna di RSUD Ciawi” Diss. Universitas Padjajaran 2014

Prastiwi. “Pengaruh Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Penggunaan dan Kepuasan Pengguna di Institut Pertanian Bogor”. Repository Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor 2014.

Rinaldo, Rico Yeremia. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi”. Diss. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, 2019.

Robbins, Stephen. 2011. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi Jilid I. Edisi Bahasa Indonesia. Prenhalindo: Jakarta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhendro, Dedi. “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan dan Ekspetasi Kinerja Terhadap Kepuasan Pengguna dalam Penerapan Sistem Teknologi Informasi pada Koperasi di Kota Pematangsiantar”. Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika Vol 1 No 1 Juli 2016.

Suryandari, N. N. A., Endiana, I. D. M., Susandya, A. A. B. A., & Apriada, K. (2021). The Role Of Employee Ethical Behavior And Organizational Culture In Preventing Fraud At The LPD. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 18(08), 916-929.

Sutabri.2014. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi

Widjajanto. 2008. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta : PT Glora Aksara Prima

Yanto, Sebri. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Diss. Universitas Bangka Belitung, 2017.

Downloads

Published

2022-12-01