PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN PAJAK, KEWAJIBAN MORAL, BIAYA KEPATUHAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KLUNGKUNG
Keywords:
Taxpayer awareness, tax service quality, moral obligation, compliance costs, tax sanctions, and taxpayer compliance.Abstract
The government carries out national development making the tax sector the main source of supporting financing. Therefore, the local government is trying as much as possible to increase revenue from the tax sector. However, in reality the level of compliance of motorized vehicle taxpayers at the Klungkung Samsat Office has decreased. The population in this study is 74,982 motor vehicle taxpayers who have made tax payments to god 2020at the Klungkung Samsat Office. The sample in this study amounted to 100 respondents using the Slovin formula and determined based on the accidental sampling method. Data collection methods used are primary and secondary. The analysis technique used is multiple linear regression analysis technique. This study shows that the variables of taxpayer awareness, tax service quality, and compliance costs have no effect on taxpayer compliance. The variables of moral obligation and tax sanctions have a positive effect on taxpayer compliance.
References
Abryantha, I Made Dwiky. 2017. Pengaruh Kesadran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Denpasar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Meliani Yanti, N. L. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama Samsat Klungkung. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Beloan, B., Mongan, F. F. A., & Suryandari, N. N. A. (2019). Eksplorasi Pemaknaan Pelaporan SPT Tahunan PPH 21 Dari Kacamata Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Fenomenologi Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Makassar Utara). Jurnal Riset Akuntansi (JUARA), 9(2), 23-30.
Purnamawati Nindya , I. D. A. 2018. Pengaruh Kesadran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Kewajiban Morasl dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Gianyar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Putri Sutami, N. P. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Biaya Kepatuhan Pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama Samsat Denpasar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Rahmadian. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Jakarta Kembang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Bisnis Nusantara.
Apriani Tina, N. P. A. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama Samsat Tabanan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Ajzen, I. 1998. The Theory Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. 50.
Susilawati, Evi Ketut, dan Budiartha, K. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi,4.2 (2013): 345-357.
Lestari, Indra. 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Sosialisasi Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadapa Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Wilayah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ismail. 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar PBB di Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan Tahun 2016. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi (JPENSI) 2(3), 12.
Mudiantari, N. L. P. 2018. Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Dan Biaya Kepatuhan Pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama Samsat Karangasem. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Fitria, Dona. 2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Journal of Applied Business and Economic, 4(1), 30-44.
Jatmiko, A. 2017. Pengaruhan Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus Dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Semarang). Program Studi Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegore.
Dewi Purnama, N. K. A. 2018. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Sosialisasi Perpajakan, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat Kabupaten Bangli. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Say Pora, C. W. 2018. Pengaruh Kesadaran Pajak, Sanksi Pajak, Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat Denpasar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Setiyani, N. M. 2018. Pengaruh Motivasi Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening (Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Kota Semarang). Jurnal of Accounting, 4(4).
Faudi, Oentari., and Yenni. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan Dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Skripsi. Program Akuntansi Pajak Program Studi Akuntansi Universitas Kristen Petra.
Rahayu. 2017. Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak Dan Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Sidempuan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan.
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Akib, Sari., dan Asnia. 2017. Pengaruh Tax Amnesty, Pengetahuan Perpajakan, Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 6(2).
Ratnasari Jeany, Anastasia. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Biaya Kepatuhan Terhadapt Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama Samsat Tabanan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
DewantaraYudhi, Rizky,. Endang,. Ilhamsyah. 2016. Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib PajakTentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat Kota Malang. Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 11(1).
Susmita Rara, P., Supadmi, N. L. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(2).
Wati Kencana, N. K. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Denpasar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.