PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SANKSI PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA GIANYAR

Authors

  • Ratu Anastasia universitas mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yuria Mendra universitas mahasaraswati Denpasar
  • Putu Wenny Saitri universitas mahasaraswati Denpasar

Keywords:

The Influence of Taxpayer Awareness, Tax Sanctions, Service Quality, Moral Obligations on Individual Taxpayer Compliance at KPP Pratama Gianyar.

Abstract

Taxes for the state are important revenues that will be used to finance state expenditures, both routine expenditures and development expenditures. Currently taxes are not only a gift from the community, but taxes reflect the active role of the community in increasing state income even though there is an element of coercion. This study aims to determine the effect of taxpayer awareness, tax sanctions, service quality, moral obligations on individual taxpayer compliance at KPP Pratama Gianyar. The population of 100 individual taxpayers as respondents is calculated using the Slovin formula. The sampling technique in this study is Accidental Sampling. The data analysis technique used multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that taxpayer awareness, tax sanctions, moral obligations affect individual taxpayer compliance. Meanwhile, service quality has no effect on individual taxpayer compliance. Further research can develop this research by adding other variables such as tax amnesty, economic level of taxpayers, tax audit and application of e-filling.

References

Adhy. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Hotel di Dinas Pendapatan Kabupaten Badung. E-Jurnal Riset Akuntansi, Universitas Warmadewa.

Aprilliyana. 2017. Pengaruh Tarif Pajak, Kesadaran dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Studi pada WPOP Samsat Kota Surakarta. E-Jurnal, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.

Atarwaman, R. J. D. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi, Vol. 6 (No. 1), 39–51.

Beloan, B., Mongan, F. F. A., & Suryandari, N. N. A. (2019). Eksplorasi Pemaknaan Pelaporan SPT Tahunan PPH 21 Dari Kacamata Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Fenomenologi Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Makassar Utara). Jurnal Riset Akuntansi (JUARA), 9(2), 23-30.

Dewi, N. Y. M. 2016. Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan, dan Pengetahuan Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kabupaten Buleleng. E-Jurnal, Undiksha Denpasar.

Erawati, Asari. 2018. Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi. E-Jurnal Akuntansi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Vol 2, No 1.

Ilhamsyah, dkk. 2016. Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang). E-Jurnal, JEJAK. Vol 8, No 1.

Jatmiko, A. N. 2006. Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang). Skripsi, Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Kusuma. 2019. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kewajiban Moral, Tingkat Pemahaman Perpajakan, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Denpasar Barat. E-Jurnal Akuntansi, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Vol 1, No 1.

Mardiasmo. 2016. Perpajakan Edisi Terbaru. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Mintje. 2016. Pengaruh Sikap, Kesadaran, dan Pengetahuan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pemilik (UMKM) Dalam Memiliki NPWP Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado. E-Jurnal Akuntansi, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Mustikasari. 2007. “Kajian Empiris Tentang Kepatuhan Wajib Pajak di Perusahaan Industri Pengolahan di Surabaya”. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis. (Vol: 10 No: 21 Hal 99-120). Universitas Airlangga.

Oktaviani. 2017. Pengaruh Kesadaran Perpajakan, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Penjaringan. E- Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Trisakti.

Samadiartha, I. N. D dan Darma, G. S. 2017. Dampak Sistem EFilling, Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 14, No.1

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Sulistyorini. 2019. Pengaruh Pengetahuan Peraturan Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Gresik.

Downloads

Published

2022-08-17