PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK,SOSIALISASI PERPAJAKAN,KEWAJIBAN MORAL,KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN BANGLI
Keywords:
taxpayer awareness, tax socialization, moral obligation, service quality, tax sanctions, taxpayer complianceAbstract
Motor Vehicle Tax (PKB) is one of the regional taxes that finance the development of the
province.The agency that handles the payment of Motor Vehicle Tax is the Regional Revenue Service
(Dispenda) through the Joint Office of the Manunggal Administration System under One Roof
(SAMSAT) which is a collaboration of three related agencies, namely the Bali Provincial Dispenda,
the Indonesian Police and Jasa Raharja Insurance.This study aims to examine and obtain empirical
evidence of the effect of taxpayer awareness, tax socialization, moral obligation, service quality and
tax sanctions on the level of compliance of motorized vehicle taxpayers at the Bangli district Samsat
office. Sample selection was done by accidental sampling method.The data analysis technique used in
this research is multiple linear regression analysis.The population of this research is all motorized
vehicle taxpayers who have been registered in the Bangli Regency Samsat in 2020, totaling 142,678
taxpayers.Data was collected through a questionnaire. The sample in this study were 100 motor
vehicle taxpayers. The results showed that taxpayer awareness, tax socialization, moral obligations,
service quality and tax sanctions had a positive effect on the level of compliance of motorized vehicle
taxpayers at the SAMSAT office, Bangli Regency.
References
Anggraeni.2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan,
Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan
Bermotor.E-Jurnal Universitas Pancasakti Tegal.Vol 8.No 1 Agustus 2017
Ayu Sista.2019.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Kualitas Pelayanan Pajak,Kewajiban
Moral,Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di
Kantor Samsat Gianyar.SkripsiAkuntansi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Barus dan Yuneita.2016.Pengaruh Akses Pajak,Fasilitas,Sosialisasi Perpajakan Dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.E-jurnal Fakultas
Ekonomi Universitas Riau,Pekanbaru.Vol 3
Bharmanti.2019.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kewajiban Moral, Pengetahuan Pajak,
Tingkat Penghasilan Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap
Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama SAMSAT
Denpasar.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.Vol 7
Cahyadi,I Made Wahyu., dan Jati, I Ketut. 2016. Pengaruh Kesadaran,Sosialisasi,
Akuntabilitas Pelayanan Publik dan Sanksi Perpajakan PadaKepatuhan Wajib Pajak
Kendaraan Bermotor. E-Jurnal AkuntansiUniversitas Udayana Vol.16.3. September:
-237.
Pengaruh Kesadaran Wajib…..
Ratna Ningsih, Putu Kepramareni, Sagung Oka
Chasanah.2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan
Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dan Bea Balik
Nama Kendaraan Bermotor Di Kantor SAMSAT Klaten.Skripsi Akuntansi
Uniiversitas Muhammadiyah Surakarta.
Dharma, Gede Pani Esa., dan Suardana, Ketut Alit. 2014. Pengaruh KesadaranWajib
Pajak,Sosialisasi Perpajakan, Kualititas Pelayanan PadaKepatuhan Wajib Pajak. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1:340-353.
Esti, Novia.2012.Pengaruh Persepsi Wajib Pajak tentang Sanksi Perpajakan dan Kualitas
Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan
Bermotor Di Kantor Bersama SAMSAT Kota Denpasar.Skripsi Sarjana Fakultas
Ekonomi Universitas Udayana.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gustiari dan Suprasto.2018.Sosialisasi Perpajakan Memoderasi Pengaruh Kewajiban Moral
dan Kualitas Pelayanan pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.E-Jurnal
Akuntansi Universitas UdayanaVol.24.1 Juli:606-632
Iihamsyah,Endang dan Dewantara.2016.Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak
Tentang Peraturan Perpajakan,Kesadaran Wajib Pajak,Kualitas Pelayanan,Dan Sanksi
Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi SAMSAT
Kota Malang). E-Jurnal Perpajakan Vol 8No 1
Jaya.2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan Dan Sanksi
Perpajakan Terhadap Keptuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.E-Jurnal
Universitas Udayana
Maheswari.2018. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kewajiban Moral, Sosialisasi
Perpajakan, Sanksi Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan
Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama SAMSAT Kota
Denpasar.Skripsi Akuntansi Universitas Mahasarwati Denpasar.
Melly.2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Dan Biaya Kepatuhan
Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor SAMSAT
Klungkung.E-Jurnal Akuntansi Universitas Ganesa
NgurahKesariya.2019.Pengaruh Sosialisasi Perpajakan,Kualitas Pelayanan,Sanksi Perpajakan
Dan Kewajiban Moral Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar
Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama SAMSAT Karangasem.Skripsi
Akuntansi Universitas Mahasarwati Denpasar.
Novitasari.2015. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor
SAMSAT Semarang.E-Jurnal Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Pranata, Putu Aditya., dan Setiawan, Putu Ery. 2015. Pengaruh SanksiPerpajakan, Kualitas
Pelayanan Dan Kewajiban Modal Pada KepatuhanWajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi
Universitas Udayana 10.2 : 456-473.
Putu Arika., dan Sukatha, I Made. 2014. Tanggung Jawab Moral ,Kesadaran Wajib Pajak
Dan Kualitas Pelayanan Pada KepatuhanPelaporanWajib Pajak Badan. E-Jurnal
Akuntansi Universitas Ganesa 7.2 (2014): 431-443.
Randi.2016.Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib
Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak
Kendaraan Di SAMSAT Kota Malang.E-jurnal Universitas Brawijaya.Vol.8 No 1.
Ratniati.2018.Pengaruh Kualitas Pelayanan,Sanksi Perpajakan,Biaya Kepatuhan,Moral Wajib
Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam
Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor SAMSAT Klungkung.Skripsi
Akuntansi Universitas Mahasarwati Denpasar.
JURNAL KHARISMA
VOL. 4 No. 1, Februari 2022 E-ISSN 2716-2710
23
Rosalina Novitasari.2017.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Sosialisasi Perpajakan,Kualitas
Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Di SAMSAT Semarang III.Jurnal
Akuntansi.Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Sano dan Santoso.2019.Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Harga Dan Iklan Terhadap
Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada PT Surya Timur Sakti Jatim
Surabaya.E-Jurnal Manajemen Bisnis,Program Studi Manajemen,Universitas Kristen
Petra.
Stephanie Amelia Handayani.2016.Pengaruh Akses Pajak,Fasilitas,Sosialisasi Perpajakan
Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.EJurnal Akuntansi Universitas Riau,Pekanbaru.
Susilawati dan Budhiarta.2013.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Pengetahuan Pajak,Sanksi
Perpajakan Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak
Kendaraan Bermotor.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
Ummah.2013.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Pengetahuan Perpajakan Dan
Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di
Kabupaten Semarang.Skripsiakuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Semarang,
Indonesia.
Utama,I Wayan Mustika.2012.Pengaruh Kualitas Pelayanan,Sanksi Perpajakan,dan Biaya
Kepatuhan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.Jurnal Akuntansi.Universitas Udayana
Bali.
Wardani.2017. Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Program SAMSAT
Corner Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.E-Jurnal Akuntansi
Universitas Sarjanawijaya Tamansiswa Yogyakarta.Vol.1.No 2 Oktober.
Wayan Indrayani.2019.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Kualitas Pelayanan Pajak,Dan
Efektivitas Pelayanan SAMSAT Keliling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak
Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Bangli.E-Jurnal Akuntansi Universitas Ganesa.
Widnyani, Ida Ayu Dewi., dan Suardana, Ketut Alit. 2016. Pengaruh SosialisasiDan Persepsi
Akuntabilitas Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak DalamMembayar Pajak Kendaraan
Bermotor. E-Jurnal AkuntansiUniversitasUdayana Vol.16.3. September: 2176-2203.
Widnyani.2016.Pengaruh Sosialisasi,Sanksi Dan Persepsi Akuntabilitas Pelayanan Publik
Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor SAMSAT Kota
Tabanan.E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana.Vol.16.3.September(2016):2176-
Wijayanti dan Sukartha.2018. Pengaruh Tarif Progresif,Kualitas Pelayanan,Sosialisasi
Perpajakan dan Pengetahuan Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal
Akuntansi Universitas Udayana. Vol.25.3.Desember:2011-2040
Winerungan.2013.Sosialisasi Perpajakan,Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan Terhadap
Kepatuhan WPOP pada Kpp Manado dan Blitung.Jurnal Vol.1 No.3,960-970