PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK,SOSIALISASI PERPAJAKAN,KEWAJIBAN MORAL,KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KABUPATEN BANGLI

Authors

  • Ningsih Ni Luh Ayu Ratna universitas mahasaraswati Denpasar
  • Kepramareni Putu universitas mahasaraswati Denpasar
  • pradnyawati Sagung Oka universitas mahasaraswati Denpasar

Keywords:

taxpayer awareness, tax socialization, moral obligation, service quality, tax sanctions, taxpayer compliance

Abstract

Motor Vehicle Tax (PKB) is one of the regional taxes that finance the development of the
province.The agency that handles the payment of Motor Vehicle Tax is the Regional Revenue Service
(Dispenda) through the Joint Office of the Manunggal Administration System under One Roof
(SAMSAT) which is a collaboration of three related agencies, namely the Bali Provincial Dispenda,
the Indonesian Police and Jasa Raharja Insurance.This study aims to examine and obtain empirical
evidence of the effect of taxpayer awareness, tax socialization, moral obligation, service quality and
tax sanctions on the level of compliance of motorized vehicle taxpayers at the Bangli district Samsat
office. Sample selection was done by accidental sampling method.The data analysis technique used in
this research is multiple linear regression analysis.The population of this research is all motorized
vehicle taxpayers who have been registered in the Bangli Regency Samsat in 2020, totaling 142,678
taxpayers.Data was collected through a questionnaire. The sample in this study were 100 motor
vehicle taxpayers. The results showed that taxpayer awareness, tax socialization, moral obligations,
service quality and tax sanctions had a positive effect on the level of compliance of motorized vehicle
taxpayers at the SAMSAT office, Bangli Regency.

References

Anggraeni.2017. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan,

Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan

Bermotor.E-Jurnal Universitas Pancasakti Tegal.Vol 8.No 1 Agustus 2017

Ayu Sista.2019.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Kualitas Pelayanan Pajak,Kewajiban

Moral,Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di

Kantor Samsat Gianyar.SkripsiAkuntansi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Barus dan Yuneita.2016.Pengaruh Akses Pajak,Fasilitas,Sosialisasi Perpajakan Dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.E-jurnal Fakultas

Ekonomi Universitas Riau,Pekanbaru.Vol 3

Bharmanti.2019.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kewajiban Moral, Pengetahuan Pajak,

Tingkat Penghasilan Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Perpajakan Terhadap

Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama SAMSAT

Denpasar.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.Vol 7

Cahyadi,I Made Wahyu., dan Jati, I Ketut. 2016. Pengaruh Kesadaran,Sosialisasi,

Akuntabilitas Pelayanan Publik dan Sanksi Perpajakan PadaKepatuhan Wajib Pajak

Kendaraan Bermotor. E-Jurnal AkuntansiUniversitas Udayana Vol.16.3. September:

-237.

Pengaruh Kesadaran Wajib…..

Ratna Ningsih, Putu Kepramareni, Sagung Oka

Chasanah.2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan

Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dan Bea Balik

Nama Kendaraan Bermotor Di Kantor SAMSAT Klaten.Skripsi Akuntansi

Uniiversitas Muhammadiyah Surakarta.

Dharma, Gede Pani Esa., dan Suardana, Ketut Alit. 2014. Pengaruh KesadaranWajib

Pajak,Sosialisasi Perpajakan, Kualititas Pelayanan PadaKepatuhan Wajib Pajak. EJurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1:340-353.

Esti, Novia.2012.Pengaruh Persepsi Wajib Pajak tentang Sanksi Perpajakan dan Kualitas

Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan

Bermotor Di Kantor Bersama SAMSAT Kota Denpasar.Skripsi Sarjana Fakultas

Ekonomi Universitas Udayana.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gustiari dan Suprasto.2018.Sosialisasi Perpajakan Memoderasi Pengaruh Kewajiban Moral

dan Kualitas Pelayanan pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.E-Jurnal

Akuntansi Universitas UdayanaVol.24.1 Juli:606-632

Iihamsyah,Endang dan Dewantara.2016.Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak

Tentang Peraturan Perpajakan,Kesadaran Wajib Pajak,Kualitas Pelayanan,Dan Sanksi

Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi SAMSAT

Kota Malang). E-Jurnal Perpajakan Vol 8No 1

Jaya.2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan Dan Sanksi

Perpajakan Terhadap Keptuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.E-Jurnal

Universitas Udayana

Maheswari.2018. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kewajiban Moral, Sosialisasi

Perpajakan, Sanksi Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan

Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama SAMSAT Kota

Denpasar.Skripsi Akuntansi Universitas Mahasarwati Denpasar.

Melly.2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Dan Biaya Kepatuhan

Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor SAMSAT

Klungkung.E-Jurnal Akuntansi Universitas Ganesa

NgurahKesariya.2019.Pengaruh Sosialisasi Perpajakan,Kualitas Pelayanan,Sanksi Perpajakan

Dan Kewajiban Moral Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar

Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama SAMSAT Karangasem.Skripsi

Akuntansi Universitas Mahasarwati Denpasar.

Novitasari.2015. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor

SAMSAT Semarang.E-Jurnal Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Pranata, Putu Aditya., dan Setiawan, Putu Ery. 2015. Pengaruh SanksiPerpajakan, Kualitas

Pelayanan Dan Kewajiban Modal Pada KepatuhanWajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi

Universitas Udayana 10.2 : 456-473.

Putu Arika., dan Sukatha, I Made. 2014. Tanggung Jawab Moral ,Kesadaran Wajib Pajak

Dan Kualitas Pelayanan Pada KepatuhanPelaporanWajib Pajak Badan. E-Jurnal

Akuntansi Universitas Ganesa 7.2 (2014): 431-443.

Randi.2016.Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib

Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Kendaraan Di SAMSAT Kota Malang.E-jurnal Universitas Brawijaya.Vol.8 No 1.

Ratniati.2018.Pengaruh Kualitas Pelayanan,Sanksi Perpajakan,Biaya Kepatuhan,Moral Wajib

Pajak Dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam

Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor SAMSAT Klungkung.Skripsi

Akuntansi Universitas Mahasarwati Denpasar.

JURNAL KHARISMA

VOL. 4 No. 1, Februari 2022 E-ISSN 2716-2710

23

Rosalina Novitasari.2017.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Sosialisasi Perpajakan,Kualitas

Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Di SAMSAT Semarang III.Jurnal

Akuntansi.Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Sano dan Santoso.2019.Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Harga Dan Iklan Terhadap

Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada PT Surya Timur Sakti Jatim

Surabaya.E-Jurnal Manajemen Bisnis,Program Studi Manajemen,Universitas Kristen

Petra.

Stephanie Amelia Handayani.2016.Pengaruh Akses Pajak,Fasilitas,Sosialisasi Perpajakan

Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.EJurnal Akuntansi Universitas Riau,Pekanbaru.

Susilawati dan Budhiarta.2013.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Pengetahuan Pajak,Sanksi

Perpajakan Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Pada Kepatuhan Wajib Pajak

Kendaraan Bermotor.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Ummah.2013.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Pengetahuan Perpajakan Dan

Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di

Kabupaten Semarang.Skripsiakuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Semarang,

Indonesia.

Utama,I Wayan Mustika.2012.Pengaruh Kualitas Pelayanan,Sanksi Perpajakan,dan Biaya

Kepatuhan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.Jurnal Akuntansi.Universitas Udayana

Bali.

Wardani.2017. Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Program SAMSAT

Corner Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.E-Jurnal Akuntansi

Universitas Sarjanawijaya Tamansiswa Yogyakarta.Vol.1.No 2 Oktober.

Wayan Indrayani.2019.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Kualitas Pelayanan Pajak,Dan

Efektivitas Pelayanan SAMSAT Keliling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Bangli.E-Jurnal Akuntansi Universitas Ganesa.

Widnyani, Ida Ayu Dewi., dan Suardana, Ketut Alit. 2016. Pengaruh SosialisasiDan Persepsi

Akuntabilitas Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak DalamMembayar Pajak Kendaraan

Bermotor. E-Jurnal AkuntansiUniversitasUdayana Vol.16.3. September: 2176-2203.

Widnyani.2016.Pengaruh Sosialisasi,Sanksi Dan Persepsi Akuntabilitas Pelayanan Publik

Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor SAMSAT Kota

Tabanan.E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana.Vol.16.3.September(2016):2176-

Wijayanti dan Sukartha.2018. Pengaruh Tarif Progresif,Kualitas Pelayanan,Sosialisasi

Perpajakan dan Pengetahuan Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal

Akuntansi Universitas Udayana. Vol.25.3.Desember:2011-2040

Winerungan.2013.Sosialisasi Perpajakan,Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan Terhadap

Kepatuhan WPOP pada Kpp Manado dan Blitung.Jurnal Vol.1 No.3,960-970

Downloads

Published

2022-07-16