PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015 - 2018

Authors

  • Ni Wayan Sri Eka Yanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Kusuma Adnyana Mahaputra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sudiartana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, opini audit, audit delay

Abstract

Audit delay adalah rentang waktu penyelesaian audit laporan keuangan tahunan, diukur berdasarkan lamanya hari yang dibutuhkan untuk memperoleh laporan auditor independen atas audit laporan keuangan tahunan perusahaan, sejak tanggal tahun tutup buku perusahaan sampai dengan tanggal yang tertera pada laporan auditor independen. Faktor-faktor yang dipertimbangkan mempengaruhi audit delay adalah ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan opini audit.

Pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah populasi 20 perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage, dengan sampel yang diperoleh sebanyak 12 perusahaan selama periode tahun 2015-2018. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dam opini audit berpengaruh negatif terhadap audit delay pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan leverage tidak berpengaruh terhadap audit delay pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Downloads

Published

2020-10-31