Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Program Pemutihan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dengan Sosialisasi Perpajakan sebagai Variabel Moderasi di Kantor Samsat Gianyar
Keywords:
Taxpayer Compliance, Quality of Tax Serives, Taxpayer Awareness, Tax Whitening Program, Tax SocializationAbstract
Taxpayers compliance is the willingness of taxpayers to fulfill their tax obligations in accordance with applicable regulations, without the need for inspections, thorough investigations, warnings or threats and the application of legal or administrative sanctions. Taxpayers compliance is very important because Indonesia adheres to the Self Assessment System, which gives taxpayers confidence to calculate, pay and report their obligations. This research aims to test and analyze the influence of tax service quality, taxpayers awareness and tax whitening programs on motor vehicle taxpayers compliance with tax socialization as a moderating variable. The population of this study is motor vehicle taxpayers registered at the Gianyar Samsat Office in 2023. The sample in this study was 100 respondents who were calculated using the Slovin formula with the accidental sampling method. The data analysis technique used to test the hypothesis is moderated regression analysis. The research results show that the variables of tax service quality and taxpayer awareness have a positive effect on taxpayer compliance, while the tax whitening program variable has no effect on motor vehicle taxpayer compliance at the Gianyar Samsat Office. This research also shows that tax socialization is unable to moderated the influence of tax service quality, taxpayer awareness and tax whitening programs on motor vehicle taxpayer compliance at the Gianyar Samsat Office.
References
Ammy, B. (2022). Pengaruh Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Pembebasan Bea Balik Nama (BBN) Kendaraan Bermotor, Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Moderating. Owner 7(1):173–83. doi: 10.33395/owner.v7i1.1257.
Antara News Bali. (2019). Bapenda Bali Ajak Masyarakat Gianyar Lebih Taat Bayar Pajak. URL : https://bali.antaranews.com/berita/152949/bapenda-bali-ajak-masyarakat-gianyar-lebih-taat-bayar-pajak. Diakses pada tanggal 15 Juli 2024.
Artamoni, W. (2022). Pengaruh Motivasi Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening Di KPP Pratama Medan Petisah. Jasmien, 3(01), 437-448.
Balipost. (2023). Bali Kembali Berlakukan Relaksasi Pajak Kendaraan Bermotor. URL : https://www.balipost.com/news/2023/09/07/360674/Bali-Kembali-Berlakukan-Relaksasi-Pajak. Diakses pada tanggal 23 Juli 2024.
Bhagaskara, K., Pramukty, R., & Yulaeli, T. (2023). Pengaruh Tingkat Pendapatan, Kesadaran Wajib Pajak Dan Penerapan Sistem E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 2(1):74–88. doi: 10.58192/profit.v2i1.449.
Fitrianti, S, A, M, M., & Marsellisa, N. (2023). Pengaruh Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Sosialisasi Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Jakarta Timur. Jurnal Revenue 4(1):52–64.
Hidayat, I., & Lusiana, M. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Tangerang. Bongaya Journal for Research in Accounting (BJRA) 5(1):11–35. doi: 10.37888/bjra.v5i1.322.
Husnia, A, N, Z, A., & Ulva, R, M. (2019). Pengaruh Motivasi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sanksi Administrasi, Tingkat Pendapatan Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Kudus. Journal Accounting International Mount Hope 6(11):951–52.
Lianty, M., Hapsari, D, W., & Kurnia, K. (2017). Pengetahuan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer 9(2):55–65. doi: 10.23969/jrak.v9i2.579.
Megawangi, C, A, M., & Setiawan, E, P. (2017). Sosialisasi Perpajakan Memoderasi Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Volume 19:hlm. 2348-2377.
Meifari, V. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Moderasi Di Kota Tanjungpinang. Cash 3(01):39–51. doi: 10.52624/cash.v3i01.1585.
Nazwah, H. (2023). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Pada KPP Pratama Pondok Gede). Jurnal Ekonomi Perjuangan 1(2):92–112.
Rizki, M & Syaiful, S. (2023). Pengaruh Kesadaran Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Dimoderasi Sosialisasi Perpajakan. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 2(4):95–107. doi: 10.58192/profit.v2i4.1368.
Rosmawati, S., & Darmansyah, M. (2023). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Penegakan Hukum, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Penggelapan Pajak. Jurnal Literasi Akuntansi 3(4):189–202. doi: 10.55587/jla.v3i4.106.
Sista N. A. (2019). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Kewajiban Moral, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Gianyar. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 142–179.
Supriatiningsih, S., & Jamil, S, F. (2021). Pengaruh Kebijakan E-Filing, Sanksi Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan 9(1):199–208. doi: 10.37641/jiakes.v9i1.560.
Prasetyo, A. (2021). Tinjauan Model Pengukuran Kualitas Pelayanan Pajak Daerah Dengan Pendekatan Analisis POEMS. Jurnal BPPK: Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, 14(1), 56-70.
Wangi, N. M. P., Mahaputra, I. N. K. A., Ardianti, P. N. H., & Putra, M. D. P. (2023). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi, Tarif, Sosialisasi dan Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Kabupaten Badung. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 5(2), 443-455.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.