Analisis Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kewajiban Moral, Kesadaran Membayar Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur

Authors

  • Ni Kadek Arik Darmayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yenny Verawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Desak Ayu Sriary Bhegawati Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Knowledge of Taxation, Moral Obligation, Awareness of Paying Taxes, Service Quality, Tax Sanctions and Taxpayer Compliance.

Abstract

The purpose of this study is to obtain empirical evidence regarding Tax Knowledge, Moral Obligations, Awareness of Paying Taxes, Service Quality, and Tax Sanctions on Taxpayer Compliance. The population in this study were individual taxpayers who were registered at the East Denpasar Pratama Tax Service Office, totaling 56,250 taxpayers and using a sample of 100 respondents who were determined through the accidental sampling method. The data analysis technique used in this study is a multiple linear regression analysis technique. The results of this study indicate that knowledge of taxation, moral obligation, awareness of paying taxes, and tax sanctions have no effect on taxpayer compliance at KPP Pratama East Denpasar. While the quality of service has a positive effect on taxpayer compliance at KPP Pratama East Denpasar. For future researchers who conduct research in the same field, they can add other variables that are relevant to the factors that affect taxpayer compliance that have not been discussed in this study.

References

Adi, Titis Wahyu. 2018. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cilacap. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Andini, A. A. I. Y., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan, Sanksi Perpajakan, dan Penerapan E-Samsat Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kecamatan Bangli. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 391-397.

Anggreni, I. A. N. S., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Sosialisasi Perpajakan, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Desa Abiansemal Pada Masa Covid’19. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 499-505.

Apsari, Ni Kadek Intan. 2021. Sosialisasi perpajakan memoderasi pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Denpasar Timur. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Astari, K. W., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak, Kebijakan Pajak, Dan Persepsi Wajib Pajak Tentang Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Badung. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(1), 400-410.

Azary, V., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Kegiatan Sosialisasi Peraturan Perpajakan, Tingkat Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak PPh Pasal 25 Badan Di KPP Pratama Denpasar Timur. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(2), 280-288.

Bhegawati, D. A. S., & Dicriyani, N. L. G. M. (2021). Tax Reporting Compliance During Covid-19 Time In Dalang Village. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 25, 1-11.

Bhegawati, D. A. S., Yuesti, A., & Yani, N. K. O. Y. B.2022. Quality Administration Moderates Individual Duty Installment Consistence at Gianyar's Primary Tax Service Office.

Bhegawati, D. A. S., Yuesti, A., & Sumiantari, N. W. (2022). Analisis Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gianyar. Asian Journal of Management Analytics, 1(1), 35-50.

Cahyani, N. M. M. A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Sanksi Pajak Sebagai Variabel Moderasi Pada Masa Covid-19 (Studi Pada Desa Padangsambian Kaja). KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(5), 1495-1505.

Cyntia Dewi, Ida Ayu. 2018. Pengaruh sanksi pajak, kewajiban moral, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan pelaporan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gianyar. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Cahyani, Kadek Novi Dwi. 2021. Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Gianyar. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Dewi, N. P. Y. Y., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Biaya Kepatuhan Pajak, Tingkat Penghasilan Wajib Pajak, Pengetahuan Peraturan Perpajakan, Sosialisasi Pajak Dan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(3), 216-226.

Doli, Dominicus Dan M. Khoiru Rusydi. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Untuk Wajib Pajak Badan Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Selatan. Prosiding Simposium Nasional Perpajakan 2.

Febriyanti, Ni Wayan Anita. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Motivasi Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Utara. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Juliartini, Ni Luh Putu. 2020. Pengaruh Tingkat Pemahaman Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Lingkungan Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Denpasar Timur. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Khoirina, Ijjati. 2019. Pengaruh pelayanan fiskus,Pengetahuan pepajakan PPH pasal 21, Sanksi Perpajakan, dan Sistem administrasi perpajakan modern terhadap kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Kencana, Kadek Aprillia Agnesia. 2022. Pengaruh penerapan sistem E-Billing, pengetahuan perpajakan, motivasi membayar pajak, kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan terhadap Kepatuhan wajib pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Denpasar Timur. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Kardika, I Komang. 2020. Pengaruh Pengetahuan dan Pemahaman Peraturan Pajak, Pelayanan Fiskus, dan Persepsi atas Efektifitas Sistem Perpajakan Terhadap Kemauan Membayar Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Kundalini, Pertiwi. 2016. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pelayanan Pegawai Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Temanggung. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Lende, A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Kemanfaatan Npwp, Kualitas Pelayanan, Pemahaman Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kecamatan Gianyar. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1).

Lestari, Putu Diah. 2018. Pengaruh Kesadaran Modern, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Selatan. Skripsi Sarjana Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Mardismo. 2016. Perpajakan Edisi Terbaru. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Martiani, Wayan. 2017. Pengaruh pengetahuan peraturan perpajakan, kewajiban moral, dan sanksi perpajakan pada kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Utara. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Pradnyani, Ni Luh Puspa. 2021. Pengaruh kualitas pelayanan, kewajiban moral, sanksi perpajakan, pengetahuan perpajakan, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada kantor pelayanan pajak pratama Badung Selatan. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Pradipa, Adhi surya. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan Wajib Pajak Hotel di Dinas Pendapatan Kabupaten Badung. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Paramitha, I. G. A. P. R., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Pajak Progresif, Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Kewajiban Moral, Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama Samsat Denpasar. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(3), 205-215.

Rahayu,P.(2015), “ Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhaghozn Wajib Pajak Hotel dalam Membayar Pajak Hotel (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Hotel di Kota Pekanbaru)”.S1 (Volume 2 No.2 2015), Universitas Riau.

Ridiyanti, Ni Putu Ayu. 2021. Pengaruh pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan fiskus, tingkat kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan membayar pajak penghasilan pasal 25 Wajib Pajak Badan (Studi Empiris Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur). Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Sadhani, N. W. Y. S., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. A. (2021). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Tentang Pajak, Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi Perpajakan terhadap Pelaksanaan Program Tax Amnesty Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Pemoderasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Batubulan. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(3), 932-942.

Santiari, N. M. W., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2020, November). Effect of Access to Tax, Facilities, Knowledge of Tax, Socialization Tax, and Level of Understanding of Tax on Level of Compliance with Taxpayers in Tax Payment of Motorcycle Vehicles in Samsat Office Karangasem. In Proceeding 1st International Conference of Innovation on Science and Technology for Sustainable development (ICISTSD) 2020 (Vol. 1, No. 1, pp. 205-214).

Sapriadi, Doni. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar PBB(Pada Kecamatan Selupu Rejang). Skripsi.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Sista, Ni Putu Ayu. 2019. Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan pajak, kewajiban moral dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di kantor SAMSAT Gianyar. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Sugiyani, I. G. A. A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Sosialisasi Pajak, Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 2(1), 2389-2395.

Sulistyari, P. I., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengawasan, Konsultasi Account Representative, Sosialisasi Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di KPP Pratama Badung Selatan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(2), 289-300.

Santhi, Kadek Adelia. 2021. Pengaruh sanksi perpajakan, sistem administrasi perpajakan modern, kualitas pelayanan fiskus, tariff pajak dan pemeriksaan pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gianyar). Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Tahar, A., & Rachman, A. K. (2014). Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi dan Investasi Vo. 15, No. 1.

Trisnayanti, N. K. F., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Kesadaran, Sanksi Pajak, Manajemen Pajak, Administrasi Pajak, Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Pratama Tabanan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 4(1), 411-419.

Undang- Undang No.16 tahun 2009 tentang Kepatuhan Wajib Pajak.

Wati, N. N. M. A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak, Tarif Pajak Dan Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kota Tabanan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(3), 349-358.

Wibowo, Stephanie dan Yenni Mangoting. 2013. Analisis faktor-faktor yang memotivasi manajemen perusahaan dalam melakukan Tax Planning. Surabaya. Universitas Kristen Petra.

Wardani, D.K., dan Asis, M.R. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Program Samsat Corner Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi Dewantara, Vol. 1 No. 2.

Wijana, I. M. D., Yuesti, A., Bhegawati, D. A. S., & Mega, K. E. (2021). Tax Sanctions In Paying Land And Building Taxes. Journal of Contemporary Issues in Business and Government. Vol, 27(1).

Wijayanti, I Gusti Ayu Miah Sri. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Penerapan E-filling pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswai Denpasar.

Yadnyana, I Ketut. 2010. “Pengaruh Moral dan Sikap Wajib Pajak pada Kepatuhan Wajib Pajak Koperasi di Kota Denpasar”. Tesis Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Udayana: Denpasar.

Yanti, K. E. M., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh NJOP, Sikap, Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Dan SPPT Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Dengan Sanksi Pajak Sebagai Variabel Moderasi Di Kecamatan Denpasar Utara. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1).

Yuesti, A., Prananta, N. G. W., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Barat Dengan Sanksi Pajak Sebagai Variabel Moderasi. Media Akuntansi Perpajakan, 7(1), 7-18.

Downloads

Published

2024-12-16