Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR Sebagai Pemoderasi

Authors

  • Kadek Riskya Dwi Irmayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Komang Merawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Raditya Tandio Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

firm value, corporate social responsibility disclosure, profitability, liquidity, firm size.

Abstract

This study aims to examine and obtain empirical evidence of corporate social responsibility (CSR) disclosure as moderating the effect of profitability, liquidity and firm size on firm value in mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018-2020. The population of this study is all mining companies listed on the Indonesian Stock Exchange in 2018-2020, totaling 47 companies. The sample in this study amounted to 22 companies with total of 66 observations in 3 years determined by purposive sampling. The analysis technique used is moderated regression analysis. The results showed that profitability, liquidity and firm size had a positive effect on firm value. Further CSR disclosure is able to strengthen the effect of liquidity on firm value, but is unable to moderate the effect of profitability and firm size on firm value.

References

Brigham, E. F., & Houston, J. F. 2014. Fundamental of Financial Management. Cengage Learning: Nelson Education.

Chariri, A. dan Ghozali, Imam. 2007. Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Chasanah, Niswatin. 2019. Pengaruh Profitabilitas terhadap Harga Saham dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi (Perusahaan Yang Terdaftar Di JII dan Indeks Sri-Kehati Periode 2016 – 2018). Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, Vol. 6 No. 11, hal: 2331-2346.

Darmawan, Akhmad. 2020. Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Kontrol. BALANCE : Jurnal Akuntansi dan Bisnis Vol 5, No 1, Hal 83-92.

Dewantari, Ni Luh Surpa. 2019. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage serta Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food and Beverages di BEI. Bisma: Jurnal Manajemen, Vol. 5 No. 2, P-ISSN: 2476-8782.

Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan Dan Pasar Modal. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ghozali, Imam. 2016. Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif untuk Akuntansi, Bisnis dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang: Yoga Pratama (Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro).

Global Reporting Initiative. 2013. Pedoman Pelaporan Keberlanjutan G4, Prinsip-Prinsip Pelaporan dan Pengungkapan Standar.

Griffin, J.J. dan Mahon, J.F. 1997. The Corporate Social Performance and Corporate Financial Performance Debate: Twenty-Five Years of Incomparable Research. Business and Society, Vol. 36 No. 1, pp. 5-31.

Hakim, R.N., Meiliana. 2020. Kalla: Di Masa Lalu, Laba dan Aset, Sekarang "Value" di https://nasional.kompas.com/ (diakses 19 Mei 2021).

Hardian, A.P. 2016. Kinerja Keuangan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan, CSR sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Volume 5, Nomor 9, hal 1-16, ISSN : 2460-0585.

Hasporo, Dody. 2020. The Effect of Firm Size, Profitability, and Liquidity on The Firm Value Moderated by Carbon Emission Disclosure. Journal of Accounting and Investment, Vol. 21 No. 2, hal : 240-257.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2012. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Rajawali Pers.

Kosasih, Dian T. 2021. Pandemi COVID-19, Pendapatan Tiga Emiten BUMN Tambang Turun pada 2020 di https://www.liputan6.com/ (diakses 18 Mei 2021).

Kusumayanti, N.K.R. 2016. Corporate Social Responsibility sebagai Pemediasi Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana : Vol.15.1, hal : 549-583, ISSN: 2302-8556.

Oktaviani, Marista. 2019. Pengaruh Ukuran Perusahaan (Size) dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Balance, Vol. XVI No. 1, hal : 102-111.

Pramana, IGN. A.D. 2016. Pengaruh Profitabilitas dan Size terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, hal : 561 – 594, ISSN: 2302-8912.

Putri, K.A.T. 2019. Pengaruh GCG, CSR, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Wahana Akuntansi, 14 (2), hal : 156-169, ISSN : 2302-1810 (online).

Ramdhonah, Zahra. 2019. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol.7 No.1, hal : 67-82.

Rofiah, Imanu. 2020. Peran Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Memoderasi Hubungan Antara Profitabilitas, Likuiditas, Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan BUMN Tahun 2016-2018. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim . Malang.

Siahaan, R. T. 2017. Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi Universitas Muhammadiyah. Yogyakarta.

Sudana, I Made. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.

Sujoko dan Soebiantoro, Ugy. 2007. Pengaruh Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 9 . No.1. Hal 41-48. Surabaya.

Syamsuddin, Fajar Rakasiwi. 2021. Pengaruh Solvabilitas, Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018). Profitability: Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.5 No.1, hal : 98-136. ISSN: 2714-6332.

Wahyuni. 2018. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2010 – 2017). Jurnal Magister Manajemen Unram, Vol. 7 No 2, hal : 72-85, Print ISSN: 2621-7902, Online ISSN: 2548-3919.

Wiwattanakantang, Y. 2001. Controlling Shareholders and Corporate Value: Evidence from Thailand. Institute of Economic Research Hitotsubashi University. Thailand.

Wulandari, Ni Made Intan. 2017. Peranan Corporate Social Responsibility dalam Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 3, hal : 1278-1311, ISSN : 2302-8912.

Downloads

Published

2022-11-19

Issue

Section

Articles