Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan Dan Asimetri Informasi Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018- 2020

Authors

  • Ni Wayan Sitakartika Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ayu Suryandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putu Gede Bagus Arie Susandya Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Manajemen Laba, profitabilitas, leverage, kepemilikan institusional, komisaris independen, dewan direksi,ukuran perusahaan, dan asimetri informasi.

Abstract

Manajemen laba merupakan masalah dalam perusahaan yang muncul karena adanya perbedaan kepentingan antara pemilik perusahaan (principal) dan manajemen (agent). Manajemen laba digunakan untuk mempengaruhi tingkat pendapatan atau laba perusahaan pada waktu tertentu untuk kepentingan manajemen maupun stakeholder. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel profitabilitas, leverage, good corporate governance, ukuran perusahaan, dan asimetri informasi berpengaruh terhadap terjadinya tindakan manajemen laba.Manajemen laba diukur dengan discretionary accruals menggunakan Modifed Jones Model. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018 – 2020. Penentuan Sampel menggunakn purposive sampling dan diperoleh sebanyak 110 sampel perusahaan manufaktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel profitabilitas dan leverage berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Komisaris independen berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, sedangkan kepemilikan institusional, dewan direksi, ukuran perusahaan dan asimetri informasi tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

References

Bhaskara, Made Dwitya.(2020), Pengaruh Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) 2016-2018. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Dewi,Setia. (2018), Pengaruh Kepemilikan Institusional, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015 – 2017. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Fahmi, R. N. (2013). Pengaruh Rasio Likuiditas Dan Rasio Aktivitas Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2009-2011. Universitas Negeri Yogyakarta.

firdausFirdaus, Ilham. 2013. Pengaruh Asimetri Informasi dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

GHOZALI, Imam; CHARIRI, Anis. Teori Akuntansi Internasional Financial Reporting Systems (IFRS). 2016.

Juliani, Ni Kadek (2019 ), Pengaruh Kepemilikan Institusional, leverage, ukuran perusahaan, asimetri informas terhadap Manajemen Laba Pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2018. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Jansen, Michael C., and William H. Meckling. "Theory of the Firm: Managerial." Agency Costs and Ownership Structure (1976).

Maryani, Ni Kadek.(2020), Pengaruh profitabilitas, financial distress, leverage, dan asimetri informasi terhadap Manajemen Laba pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Mayadi,Putu Agus. 2017. Pengaruh Asimetri Informasi, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan terhadap Praktik Manajemen Laba. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Okayana, I Gede Agus. (2020). Pengaruh mekanisme Corporate Governance dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Oktaviani, H.D. (2016). Pengaruh Ukuran Dewan Direksi, Proporsi Dewan Komisaris Independen, dan Ukuran Komite Audit Terhadap Praktik Manajemen Laba Pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2009 – 2014. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 4(2).

Purnama, D. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial terhadap Manajemen Laba. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 3(1).

PJOK tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik. https://www.ojk.id/id/regulasi/Pages/PJOK-tentang-Direksi-dan-Dewan-Komisaris-Emiten-atau-Perusahaan-Publik.aspx.

Yanti, Luh Purnama. (2017), Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Kompensasi Bonus Terhadap Praktik Manajemen Laba (Study Empiris Perusahaan Property Dan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014- 2016. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Ratna, I Gst Ayu. 2018. Pengaruh Kepemilikan Institusional, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sudiani, Kadek. (2016), Pengaruh struktur kepemilikan manajerial, komposisi dewan komisaris independen, komite audit, ukuran KAP dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dibursa efek Indonesia tahun 2012-2015. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sulistyanto, Sri. Manajemen Laba (Teori & Model Empiris). Grasindo, 2008.

Schipper, K. (1989). Earnings management. Accounting horizons, 3(4), 91.

Susanto, Y. K. (2013). The effect of corporate governance mechanism on earnings. management practice (Case study on Indonesia manufacturing industry). Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 15(2), 157-167.

Sirat, H. (2012). Corporate governance practices, share ownership structure, and size on earning management. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 15(1), 145-156.

Suripto, Bambang (2013). Manajemen Laba dan Manajemen Impresi Dalam Laporan Tahunan: Penelitian Stategi Pengungkapan Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Vol 10, No.1 (2013).

Sartono, Agus. 2008. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Trisnawati, R., & Nugraheni, D. (2015). The Analysis Of Information Asymmetry, Profitability, And Deferred Tax Expense On Integrated Earning Management. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 7(1), 17-24.

Yobiari, Ni Wayan Melda. (2020 ), Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Food And Baverage Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Yatulhusna, N. (2015), Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Umur Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba (Studi empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2013). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Watts, R. L., & Zimmerman, J. L. (1986). Positive accounting theory.

Wardani, Kadek Intan Ari. (2019 ), Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, NPM dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI Tahun 2013-2016) Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Wulandari, Rahmita. 2013. Pengaruh Good Corporate Governance dan Leverage Terhadap Manajemen Laba.Skripsi. Universitas Diponogoro Semarang.

Downloads

Published

2022-11-19

Issue

Section

Articles