Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kualitas Audit, Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2018-2020

Authors

  • Kadek Dwina Arta Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Ayu Suryandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • gde Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Profitabilitas, Likuiditas, Kualitas Audit, Tata Kelola Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Penghindaran Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas, kualitas audit, corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak. Sampel yang digunakan adalah 91 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak. Sedangkan variabel kualitas audit dan komisaris independen berpengaruh negatif terhadap penghindaran pajak. Dan variabel likuiditas dan komite audit tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak. Untuk penelitian selanjutnya, penelitian ini dapat dikembangkan dengan menggunakan variabel lain yang memiliki pengaruh terhadap penghindaran pajak

References

Afifah, N., Sunarta, K., & Fadillah, H. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabiltas Dan Struktur Modal Terhadap Tax Avoidance (Pada Perusahan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 8(1).

Annisa, N. A., dan Kurniasih, L. 2012. Pengaruh Corporate Governance terhadap Tax Avoidance, Jurnal Akuntansi dan Auditing Universitas Hasanuddin. Vol 1, No 1, Hal 95-189.

Aridita. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Corporate Governance terhadap Penghindaran Pajak. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Budiman, Judi dan Setiyono. 2012. Pengaruh Karakter Eksekutif terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance). Simposium Nasional Akuntansi XV.

Darmawan, Gede Hendy dan I Made Sukartha. 2014. Pengaruh Penerapan Corporate Governance, Leverage, Return On Assets, Dan Ukuran Perusahaan pada Penghindaran Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 9.1 (2014): 143-161.

Dewi, N. N. K., & Jati, I. K. (2014). Pengaruh Karakter Eksekutif, Karakteristik Perusahaan, dan Dimensi Tata Kelola Perusahaan yang Baik Pada Tax Avoidance di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 6(2), 249-260.

Esandy, 2017. Pengaruh Komisaris Independen, Komite Audit dan Kualitas Audit terhadap Penghindaran Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Fatimah, A. N., Nurlaela, S., & Siddi, P. (2021). Pengaruh Company Size, Profitabilitas, Leverage, Capital Intensity Dan Likuiditas Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2015-2019. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 107-118.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM Program SPSS 23. Cetakan VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanum, Hashemi Rodhian. 2013. Pengaruh Karakteristik Corporate Governance terhadap Effective Tax Rate (ETR). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Herlanda, M. W., Widiastuti, N. P. E., & Subur, S. (2021, August). Pengaruh Struktur Dewan Komisaris, Komite Audit, dan Kepemilikan Asing terhadap Tax Avoidance. In Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 2, pp. 1-16).

Jogiyanto. 2019. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Kasmir, 2014. Studi Kelayakan Bisnis: Kencana.

Kurniasih dan Sari. 2013. Pengaruh Return On Assets, Leverage, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Kompensasi Rugi Fiskal pada Tax Avoidance. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Michelon, Giovanna dan Antonio Parbonetti. 2010. The Effect of Corporate Governance on Sustainability Disclosure. Springer Sciene & Business Media, 14 September 2010.

Pradipta, D. H., & Supriyadi. (2015). Pengaruh Cosrporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Leverage, dan Komisaris Independen Terhadap Praktik Penghindaran Pajak. Simposium Nasional Akuntansi XV.

Prakosa. 2004. Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Keluarga dan Corporate Governance terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Prasetiyo, T. (2021). Determinan Tax Avoidance Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Pemoderasi (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Di BEI). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 9(2), 267-280.

Risqiyah, M. F., & Pramuka, B. A. (2021). Pengaruh Islamic Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Media Ekonomi, 9-18.

Sari, A. Y., & Kinasih, H. W. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Institusional terhadap Tax Avoidance. Dinamika Akuntansi Keuangan Dan Perbankan, 10(1), 51-61.

Septiana. 2017. Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Pernghindaran Pajak Pada Perusaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Pajak dan Audit. Surabaya. 1-2.

Sinurat, S. S. (2021). Pengaruh Proporsi Komisaris Independen, Komite Audit, Preferensi Resiko Eksekutif, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016–2019). Skripsi. Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Medan

Subagiasta. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Keluarga, Likuiditas dan Good Corporate Governance terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Vol. 1, No. 2, Hal: 167-193.

Sudarmaji, A. M., dan Sularto, L. (2007). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Tipe Kepemilikan Perusahaan terhadap Luas Voluntary Disclosure. Laporan Keuangan.

Sugiyono, P.D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tehupuring, R., & Rossa, E. (2016). Pengaruh Koneksi Politik dan Kualitas Audit Terhadap Praktik Penghindaran Pajak di Lembaga Perbankan Yang Terdaftar di Pasar Modal Indonesia Periode 2012-2014. Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC, 366–376.

Widari. 2020. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kualitas Audit dan Ukuran Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Wulandewi. 2020. Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas dan Karakteristik Eksekutif terhadap Penghindaran Pajak. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati. Denpasar.

Yuniari. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Kualitas Audit dan Ukuran Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati. Denpasar

Downloads

Published

2022-11-19

Issue

Section

Articles