Pengaruh Return On Asset, Current Ratio, Debt To Equity Ratio Dan Investment Opportunity Set Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020

Authors

  • Komang Sri Indrayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Edy Arizona Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Lisa Ernawatiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Return On Asset, Current Ratio, Debt on Equity Ratio, Investment Opportunity Set, return saham

Abstract

Return saham merupakan tingkat keuntungan yang akan diperoleh investor yang menanamkan dananya di pasar modal. Laporan keuangan perusahaan merupakan bahan utama untuk menentukan investasi berupa saham melalui analisis fundamental. Beberapa teknik yang dapat diterapkan dalam menganalisis data keuangan untuk mengevaluasi posisi perusahaan antara lain analisis rasio keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Assets (ROA), Current Ratio (CR), Debt on Equity Ratio (DER) dan Investment Opportunity Set (IOS) terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). untuk periode 2018. -2020. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020 melalui website www.idx.co.id. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 134 perusahaan dengan jumlah observasi 402 dan teknik analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji kelayakan model.Hasil analisis menunjukkan bahwa Return on Assets (ROA), Current Ratio (CR) dan Debt on Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap return saham, sedangkan Investment Opportunity Set (IOS) berpengaruh positif terhadap return saham.

References

Achmad, Solechan. 2010. Pengaruh Earning, Manajemen Laba, IOS, Beta, Size dan Rasio Hutang Terhadap Return Saham Perusahaan yang go public di BEI. Jurnal Akuntansi dan Auditing. Vol. 6. No. 1

Anthi, Dwi. 2009. Analisis Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS) Terhadap Return Saham Perusahaan Sektor Manufaktur. Jurnal Ekonomi.

Arif Widodo, Damar. 2015. Analisis Pengaruh Return On Asset, Debt to Equality Ratio dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham (Studi Kasus PadaPerusahaan Perusahaan Garment dan Textile di BEI Periode 2011-2014).Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bahar Putri, Anggun Amelia. 2015. Analisis Pengaruh ROA, EPS, NPM, DER, dan PBV Terhadap Return Saham (Studi Kasus Pada Industri Real Estate and Property yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2014). Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Basalama, Ihsan S., Sri Murni, Jacky S.B. Sumarauw. 2017. Pengaruh Current Ratio, DER dan ROA Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Automotif dan Komponen Periode 2013-2015. Tesis. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id)

Christi Situmeang, Monica. 2019. Pengaruh Debt to Equality Ratio, Return On Asset, Current Ratio dan Price to Earning Ratio Terhadap Return Saham Pada Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Skripsi. Universitas Prima Indonesia.

Chritianto YAP, Hanna, Friska Firnanti. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Saham. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 21 No. 1a-1. Universitas Trisakti.

Diana. 2017. Pengaruh EPS, PBV, DER, NPM dan Inflasi Terhadap Return Saham (Studi Kasus Pada Saham Indeks LQ45 Periode 2008-2014. Tesis. Universitas Terbuka.

Ghozali, Irham. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : BPFE Universitas Diponegoro.

Giovanni, Ursula. 2020. Pengaruh Investment Opportunity Set Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2019. Skripsi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Hartono, Jogiyanto. 2013. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE: Yogyakarta.

Hepy Antari, Ni Putu. 2020. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Hidayah, N. 2015. Pengaruh IOS dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Return Saham pada Perusahaan Property dan Real Estat Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Mercu Buana Jakarta 19(3) 1-23.

Ika Ariyanti, Ajeng. 2016. Pengaruh CR, TATO, NPM dan ROA Terhadap Return Saham. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.

Indah Purwitasari, Ni Made. 2019. Pengaruh Return On Asset (ROA), Debt to Equality Ratio (DER), dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2018. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Jogiyanto. 2009. Tepri Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi keenam). Cetakan pertama. Yogyakarta: PT BPEE.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mirda Wasih, Nela, Tumpal Manik, Hj. Asmaul Husna. 2017. Pengaruh Return On Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM), Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV) dan Debt to Equality Ratio (DER) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Journal. Universitas Raja Ali Haji Tanjungpinang Kepulauan Riau.

Muttakin, Zaenal, Prihatiningsih. 2018. Analisis Pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equality Ratio (DER), Return On Equity (ROE) dan Price Book Value Terhadap Return Saham Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Syariah Indonesia Periode 2013-2017. Journal Vol 8 No 2. Politeknik Negeri Semarang.

Nariati, Ni Gede. 2018. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Income Smoothing Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2016. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Nur Isnania, Siti, Wahidahwati. 2018. Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS) dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Return Saham. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Vol 7 No 6. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Setiawan Bahtiar, Rahmat. 2017. Pengaruh Corporate Governance dan Investment Opportunity Set Terhadap Return Saham Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Corporate Governance Perception Index Periode 2011-2015).

Sri Indiyani, Putu. 2019. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. Skripsi. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta

Syara, Rahmi. 2015. Pengaruh Rasio Leverage, Investment Opportunity Set dan Firm Size Terhadap Return Saham Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. BPFE. Yogyakarta.

Yurti Parameswari, Silvia, Heru Suprihhadi. 2017. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Investment Opportunity Set (IOS) Terhadap Return Saham. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 6 No. 2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.

Downloads

Published

2022-11-19

Issue

Section

Articles