Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan

Authors

  • I Gusti Ngurah Agung Dharmaputra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Rustiarini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Shinta Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Pertumbuhan Perusahaan, Nilai Perusahaan.

Abstract

Nilai perusahaan dijadikan fokus utama dalam pengambilan keputusan oleh investor untuk berinvestasi pada suatu perusahaan. Nilai perusahaan tidak hanya mencerminkan bagaimana nilai intrinsik pada saat ini tetapi juga mencerminkan prospek dan harapan akan kemampuan perusahaan tersebut dalam meningkatkan nilai kekayaannya di masa depan. Nilai perusahaan dapat diartikan sebagai nilai pasar. Suatu perusahaan dapat dikatakan mempunyai nilai yang baik jika kinerja perusahaan juga baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, likuiditas, dan pertumbuhan perusahaan terhadap Nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan property and real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Sampel diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan metode tersebut diperoleh sebanyak 37 perusahaan sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa leverage berpengaruh positif, ukuran perusahaan dan likuiditas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. sedangkan profitabilitas dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

References

Dewi, Wirajaya (2013). Pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan pada nilai perusahaan. ISSN:2302-8556 E-jurnal Akuntansi. Universitas Udayana 4.2 (2013): 358-372

Ernawati, Dewi dan Widyawati, Dini. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Leverage. Dan Ukuran perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu& Riset Akuntansi Vol.4.No.4. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STESIA) Surabaya.

Fahmi, Irham. (2011). Analisis Laporan Keuanagan. Bandung: Alfabeta.

Gama, A. W. S., Rustiarini, N. W., & Anggraini, N. P. N. (2018). Imaging and Purchasing Decision in Traditional Art Market. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 5(2), 175-185.

Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Cetakan VII

Gibson, SR. 1990. Principles of Nutritional Assesment. London: Oxford University Press.

Hardian dan Asyik. 2016. Kinerja perusahaan dan Ukuran Perusahaaan Terhadap Nilai Perusahaan CSR sebagai variabel Permodeasi. Junal Ilmu dan Riset Akuntansi : Volume 5, Nomor 9 September 2016 ISSN: 2460-0585

Heningtyas, Oryza Sativa.2017. Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, san Kinerja Keuanga Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di JII periode 2010-2015). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hermuningsih. 2011. Kebijakan Dividend dan BI Rate Sebagai Pemodeasi Likuiditas, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Skrpsi. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Yogyakarta

Jogiyanto. (2011). Teori Portofoli dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munawir, S. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Liberty.

Puspita, N. S., & Mahfud, M. K. (2011). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009. (Studi Kasus Pada Sektor Industri Food And Beverages) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Riyanto, B. (2010). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Rustiarini, N. W., Gama, A. W. S., & Werastuti, D. N. S. (2021). Board of Director Characteristics, Institutional Ownership, and Accounting Conservatism. The Indonesian Journal of Accounting Research, 24(2), 289-320.

Sawir, A. 2009. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keauangan Perusahaan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Suardika dan Mustanda. 2017. Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan , Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas, Terhadap Nilai Perusahan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal. Universitas Udaya. Vol. 6, No. 3, 2017: 1248-1277

Sudana. (2011). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Erlangga.

Sugiyanto, S. (2018). Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pemoderasi Kepemilikan Institusional. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 6(1), 82-96.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan kombinasi (Mixed Methods)

Suparman, S. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Kinerja Keuangan Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. JMB: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(2), 150-162.

Yuniastri, N. P. A., Endiana, I. D. M., & Kumalasari, P. D. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019. KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 69-79.

Downloads

Published

2022-11-19

Issue

Section

Articles