Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Sosial Dan Lingkungan Belajar Terhadap Stress Kuliah Mahasiswa Akuntansi

Authors

  • Ni Luh Putu Harry Tesia Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nyoman Kusuma Adnyana Mahaputra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sudiartana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Stress, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Intellectual Intelligence, Social Intelligence, and Learning Environment.

Abstract

Stress is a form of emotional disturbance caused by the pressure that cannot be overcome by individuals. The occurrence of stress is preceded by a source of stress (stressor) that is every situation that is felt by people to criticize and endanger themselves. Stress can be experienced by everyone including students. Stress will lead to behavioral impacts such as not being enthusiastic about college, being lazy about doing college work, abusing drugs or alcohol and engaging in excessive and more fatal pleasure, ending his life or committing suicide. This study aims to reexamine the influence of Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Intellectual Intelligence, Social Intelligence, and Stress Learning Environment lectures. The sample in this study were Regular and 2016 Year 2017 Accounting Student Program at Mahasaraswati University Denpasar. Determination of the sample using the stratified random sampling method. The analytical tool used in this study is multiple linear regression analysis.The results showed that the variables of Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Intellectual Intelligence, Social Intelligence, and Learning Environment had a negative and significant effect on the stress variables of college.

References

Adinda, Kezia. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi dalam Praktik Pelaporan Laporan Keuangan. Skripsi Universitas Diponegoro diakses tanggal 2 November 2018

Alvin, 2007. Mengatasi Stres Belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo

American Psychological Association. 2007. Publication manual of the American Psychological Assotion (6th edition). Washington DC: American Psychological Association.

Ardana, I Cenik. Ari Tonang, Lerbin dan Darmawan, Elizabeth Sugiarto. 2013. “Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kesehatan Fisik untuk Memprediksi Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi”. Jurnal Akuntansi.

Ariyanti, Ika M P. 2005. Pengaruh Kecerdasan Emosional Mahasiswa Akuntansi terhadap Stres Kuliah, Fakultas Ekonomi, UPN “Veteran”, Yogyakarta.

Asih, Murni. 2011. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi .jurnal. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. (http://eprints.ums.ac.id/36917/25/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf) diakses tanggal 17 Oktober 2018

Astuti, Dian Puji. 2011. Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Baharuddin dan Nur Esa Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Dwijayanti, Ari Pangestu. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional, Jakarta.(http://library.upnvj.ac.id/pdf/s1manajemen09/205112064/skripsi.pdf) diakses tanggal 21 Oktober 2018.http://balipost.com/read/tabanan/2016/05/13/51022/diduga-stress-pikirkan-kuliah-mahasiswa-tewas-gantung-diri.html diakses tanggal 21 Oktober 2018

Fadillah. 2013. Stres dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Mulawarman yang Sedang Menyusun Skripsi. Journal Psikologi,

Fahrianta, Riswan Yudhi, Akhmad Yafiz Syam, Saifhul Anuar Syahdan, 2012, “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”, Jurnal Socioscientia Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Vol. 4, No. 2

Fidiana dan Lydia Setya Wardani. 2009. Perbedaan Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi Junior dan Senior. Jurnal Ekuitas Vol 13 No 4 Desember 2009 427-445. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya. http://jurnal.stiesia.ac.id/article/download_selection_article/2/20130814021/1) diakses tanggal 18 Oktober 2018

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : BP Universitas Diponegoro

Goleman, Daniel. 2001. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Goleman, Daniel. 2016. Emotional Intelegence, (Alih Bahasa T. Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. 2016. Social Intelegence ilmu baru tentang Hubungan Antar-Manusia, (Alih Bah

Hairul, Ardillah, 2012, “ Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi”, JURNAL SAINS TERAPAN NO. 1 VOL. (file:///C:/Users/Tesya/Documents/Tesya%20Putri/SKRIPSI/JURNAL/JURNAL%2012.pdf) diakses tanggal 5 Mei 2019

Hawari, Dadang, 2001. Manajemen Stres, Cemas, dan Depresi. Jakarta : Fakultas. Kedokteran Universitas Indonesia

Inriawati, Parauba, 2014, ”Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado”, Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, Vol.9 No.2, Juni 2014.

Junaid, Asriani dan Wahyuni, Nur. 2016. Integrasi Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Dan Stres Kuliah .jurnal. Universitas Trisakti, Jakarta. (http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/assets/article/view/2882) diakses tanggal 18 Oktober 2018

Lesmana,xxF.b. 2010. PengaruhxxKecerdasan Emosional, KepercayaanxDiri Terhadap PemahamanxxAkuntansi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Manalu, S.S. 2014. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Setia Budi Surakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta.

Marita, Sri Suryaningsum, Hening Naafi Shaalih. 2007, Kajian Empiris atas Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosional dalam Mempengaruhi Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi

Marita, Suryaningrum, Sri., dan Hening Naafi Shaalih. 2008. Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosional Dalam Mempengaruhi Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi. SNA XI, Pontianak.

Masyitah As Sahara, 2014, ”Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman Akuntansi”, Jurnal Online Universitas Maritim Raja Ali Haji diakses tanggal 2 November 2018

Mawardi, M, Cholid. 2011 Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang.

Melandy, Rissyo dan Aziza, Nurna. 2006. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi IX: Padang.

Nafiati, Dewi Amaliah. 2015. Lingkungan Belajar Dan Kecerdasan Emosional Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Stres Kuliah Mahasiswa .jurnal. Universitas Pancasakti, Tegal. (http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala/article/view/392) diakses tanggal 18 Oktober 2018

Rachmi, Filia. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Semarang: Universitas Diponegoro.

Riah, Fit. 2010. Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosional Dalam Mempengaruhi Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi. Skripsi. STIENU Jepara, Jepara. (http://eprints.unisnu.ac.id/310/) diakses tanggal 19 Oktober 2018

Rismayana. 2012. Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi .jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hassanudin, Makasar.(http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/1323/RISMAYANA,%20PENGARUH%20PERILAKU%20BELAJAR,%20KECERDASAN%20EMOSIONAL,%20.pdf) diakses tanggal 19 Oktober 2018

Rozaq, A., (2014). Tingkat Stress Mahasiswa dalam Proses Mengerjakan Skripsi. (online), (http://digilib.uinsby.ac.id/220/) diakses tanggal 15 Juni 2019

Simanjorang, Debora., dan Friska Sipayung. 2012. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Manajemen. Jurnal Ekonomi Vol 15 No 2 April 2012. Universitas Sumatera Utara. (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/43699/1/debora%20friska.pdf) diakses tanggal 19 Oktober 2018

Sudarya, Wayan., Bagia, Wayan., Suwedra., (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stress pada Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi Vol.2. (online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=304568&val=1350 &title=ANALISIS%20FAKTORFAKTOR%20YANG%20MEMPENGARUHI%20STRES%20PADA%2 0MAHASISWA%20DALAM%20PENYUSUNAN%20SKRIPSI%20JU RUSAN%20MANAJEMEN%20UNDIKSHA%20ANGKATAN%20200 9) diakses tanggal 20 Juni 2019

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryaningsum, Sri, Sucahyo Heriningsih. 2008. Kajian Empiris Atas Pengaruh Kecerdasan Emosional Mahasiswa Akuntansi Terhadap Stres Kuliah, Siposium Nasional Mahasiswa dan Alumni Pascasarjana Ilmu Ekonomi, MM UGM.

Titis, 2015, “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi”. Jawa Timur: Universitas PembangunanNasional Veteran, (file:///C:/Users/Tesya/Documents/Tesya%20Putri/SKRIPSI/JURNAL/JURNAL%2015.pdf) diakses tanggal 10 Juli 2019

Toni, Kurniawan, 2017, “Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri Terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi”.Yogyakarta, (file:///C:/Users/Tesya/Documents/Tesya%20Putri/SKRIPSI/JURNAL/JURNAL%2017.pdf) diakses tanggal 20 Juli 2019

Ulfah, Kurnia Widayanti. 2010. Hubungan Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Universitas 11 Maret, Surakarta.(http://dglib.uns.ac.id/dokumen/download/12074/MjcyMjQ=/Hubungan-kecerdasan-intelektual-kecerdasan-emosional-kecerdasan-spiritual-dan-kecerdasan-sosial-dengan-prestasi-belajar-sosiologi-siswa-kelas-XI-SMA-negeri-5-Surakarta-tahun-ajaran-200920010-abstrak.pdf) diakses tanggal 20 Oktober 2019

Uno, Hamzah B. 2010. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara diakses tanggal 20 Oktober 2019

Wibowo, Agung Edy, 2012, Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian, Cetakan Pertama, Penerbit Gava Media, Yogyakarta

Yani, Fitri. 2013. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau diakses tanggal 6 Desember 2019

Zakiah, Farah. 2013. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahan Akuntansi. Skripsi Universitas Jember, Jember diakses tanggal 20 Oktober 2018(http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/2054/Farah%20Zakiah%20-%20090810301086.pdf?sequence=1) diakses tanggal 20 Oktober 2019

Zohar, D., dan Marshall, I. 2007. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Diterjemahkan oleh Rahmi Astuti, Ahmad Najib Burhani dan Ahmad Baiquni. Bandung: Mizan diakses tanggal 6 Desember 2018

Zohar, Danah., Marshall, Ian 2001. SQ : Kecerdasan Spiritual. Bandung. Mizan.

Downloads

Published

2022-10-30

Issue

Section

Articles