Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Efektivitas Pengelolaan Hutang Dan Tingkat Kredit Yang Disalurkan Terhadap Profitabilitas Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kabupaten Tabanan (Periode 2012-2016)

Authors

  • Anom Betariatisna Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anik Yuesti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sudiartana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

profitabilitas, tingkat perputaran kas, efektivitas pengelolaan hutang dan tingkat kredit yang disalurkan

Abstract

Profitabilitas adalah bagian penting bagi setiap lembaga keuangan atau perusahaan sebab berkaitan dengan pertumbuhan dan stabilitas setiap lembaga keuangan atau perusahaan. Untuk menghasilkan laba yang tinggi setiap periodenya, perusahaan perlu memperhatikan segala faktor yang dapat mempengaruhi profitabilitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tingkat perputaran kas, efektivitas pengelolaan hutang dan tingkat kredit yang disalurkan terhadap profitabilitas baik secara simultan maupun parsial.Penelitian ini dilakukan pada Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Tabanan yang berjumlah 19 BPR. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh simultan dan parsial serta melihat variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara simultan variabel tingkat perputaran kas, efektivitas pengelolaan hutang dan tingkat kredit yang disalurkan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dengan kontribusi 77,10% variasi. Secara parsial hanya variabel tingkat kredit yang disalurkan saja yang berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Pihak manajemen BPR sebaiknya memperhatikan jumlah kas yang dimiliki karena semakin besar kas yang dimiliki atau menganggur itu berarti sangat rendah perputaran kasnya maka akan mengakibatkan kecilnya profitabilitas. Selain itu pihak manajemen juga harus memaksimalkan pengelolaan hutangnya karena semakin efisien atau efektif BPR dalam mengelola hutang, maka profitabilitas pada BPR juga akan meningkat.

References

Agustini, N. M. D., Bagia, I. W., & Yudiaatmaja, F. (2014). Pengaruh Perputaran Kas dan Piutang Terhadap Rentabilitas Ekonomis pada Koperasi. Jurnal Jurusan Manajemen, 2(1).

Deni, I. (2014). Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Perputaran Piutang Dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Fakultas Ekonomi. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Riau. Pengaruh Efektivitas Modal Kerja... Anggraeni, Dian P.

Diana, P. A., & Santoso, B. H. (2016). Pengaruh Perputaran Kas, Piutang, Persediaan terhadap Profitabilitas pada perusahaan semen di BEI. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 5(3).

Damanik, M. (2017). Pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang dalam meningkatkan laba bersih pada pt indofood suka makmur tbk (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Gozhali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Universitas Diponegoro.

Handayani, S. (2018).Pengaruh Perputaran Modal Kerja, Perputaran Kas, Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada PT. Mayora Indah Tbk. Jurnal Analisis Manajemen, 2(1).

Kasmir, 2016. Bank Dan Lembaga Keuangan lainnya. Edisi Keenam. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Martha, I. M. K., Bagia, I. W., & Suwendra, I. W. (2015). Pengaruh Kredit Yang Disalurkan Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Lembaga Perkreditan Desa (LPD). Jurnal Jurusan Manajemen, 3(1).

Mulyana, Y. A. (2014). Pengaruh Perputaran Kas Dan Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013. Jurnal Riset Manajemen, 1-28.

Munawir.S. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 4. Yogyakarta: Liberty

PANGESTI, A. E. (2013). Pengaruh Perputaran Kas, Piutang dan Persediaan Terhadap Profitabilitas dan Likuiditas (Studi Empiris Pada Perusahaan Tekstil & Garment Yang Terdaftar Di BEI) (Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA).

Prawira, I. W. A. B., & Wisadha, I. G. S. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Pertumbuhan Kredit dan Rasio BOPO pada Profitabilitas LPD di Kota Denpasar Periode 2006-2010. E-Jurnal Akuntansi.

Putri, L. R., & Musmini, L. S. (2013). Pengaruh Perputaran Kas Terhadap Profitabilitas Pada PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi Singaraja Periode 2008-20012. Jurnal Akuntansi Profesi, 3(2).

Prakoso, B. (2014). Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Piutang terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Pembiayaan Listing di BEI Periode 2009-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1).

Risha, V. G. (2013). Pengaruh Kredit yang diberikan, Likuiditas dan Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas (Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi, 1(2).

SUNDARI, D. A. A. I., & SUNDARI, D. A. A. I. (2011). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Tingkat Perputaran Kas, pertumbuhan Jumlah Nasabah, Leverage Management, dan Spread Manajement terhadap Profitabilitas Lembaga perkreditan Desa (LPD) di Kecamatan kintamani Kabupaten Bangli Periode 2008-2010 (Doctoral dissertation, Universitas Udayana).

Santoso, C. E. (2013). Perputaran modal kerja dan perputaran piutang pengaruhnya terhadap profitabilitas pada PT. Pegadaian (PERSERO). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Susanto, I., Nangoy, S. C., & Mangantar, M. (2015). Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(4).

Sufiana, N., & Purnawati, N. K. (2013). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(4), 451-467.

Sumantri, A. D. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Perusahaan(Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2006-2010. Jurnal Publikasi Ilmiah Unila. hlm, 1-32.

Syafitri, P. Pengaruh Debt to Equity Ratio (Der), Perputaran Kas Dan Perputaran Piutang Terhadap Rentabilitas Ekonomi Pada Koperasi Di Kota Palu. Katalogis, 4(4).

Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 1998. Tentang Perbankan.

Wardana, K. W., & Mimba, N. P. S. H. Tingkat Perputaran Kas, Efektivitas Pengelolaan Hutang dan Tingkat Kredit yang disalurkan Terhadap Profitabilitas BPR Kabupaten Buleleng. E-Jurnal Akuntansi.

www.ojk.go.id

Yuliani, R., & Salim, U. (2013). Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Pt. Unilever Indonesia Tbk. Tahun 2005–2012. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Downloads

Published

2022-10-30

Issue

Section

Articles