Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Income Smoothing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI

Authors

  • Putu Mika Yuvita Santi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Made Endiana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Edy Arizona Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Income Smoothing, Profitability, Leverage, Company Size

Abstract

Income smoothing is an effort to reduce fluctuations of earnings by manipulating earnings. This research studies was analyze the influence of profitability, leverage, and company size on income smoothing practices in manufacturing firms listed on the Indonesian Stock Exchange. Population in this research are all manufacturing firms listed on the Indonesian Stock Exchange from 2016-2018. Research sample consist 73 companies by using purposive sampling method. Data are analyzed by using logistic regression. Result of this research studies that only leverage have negative impact on income smoothing practices. Profitability and company size does not have an impact to income smoothing practices.

References

Agustianto, Rio Nur. 2014. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Perataan Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang TErdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013) . Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro

Budiasih. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Udayana

Cendy, Yasintha Pradnyamitha. 2013. Pengaruh Cash Holding, Profitabilitas, dan Nilai Perusahaan terhadap Income Smoothing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 – 2011). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Diastiti, Dewi Okkarisma. 2010. Pengaruh Jenis Usaha, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Financial terhadap Tindakan Perataan Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. (Studi Empiris pada Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Endiana, I. D. M., & Pasanda, E. (2020, November). Income Smoothing Perspective of Mining Companies in Developing Countries. In Proceeding 1st International Conference of Innovation on Science and Technology for Sustainable development (ICISTSD) 2020 (Vol. 1, No. 1, pp. 1-19).

Endiana, I. D. M. (2018). Implementasi Perataan Laba Pada Perusahaan Kategori Indeks Lq 45 Di Bursa Efek Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu (STIE) Ekonomi Triatma Mulya, 24(1), 1-19.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progran ibm SPSS 2. Semarang. Universitas Diponegoro.

Juniarti dan Corolina. 2005. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Praktik Perataan Laba atau Income Smoothing pada Perusahaan-Perusahaan yang Go Public . Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Fakultas Ekonomi. Universitas Kristen Petra.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mursalim. 2003. Analisis Persepsi Dimensi Income Smoothing Terhadap Motivasi Investor Untuk Berinvestasi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta (Studi pada Investor di Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta ). Jurnal Magister Akuntansi Volume 6 (2) Agustus 2006. Semarang: Univesitas Diponegoro.

Prabayanti, Ni Luh Putu Arik. 2009. Perataan Laba (Income Smoothing) dan Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis. Universitas Udayana.

Prasetya, Harris. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Financial Leverage, Klasifikasi Kap dan Likuiditas Terhadap Praktik Perataan Laba pada perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Rahmawati, Dina. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Praktik Perataan Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2010. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Santoso, Eko Budi. 2012. Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, Dividen, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Dan Kelompok Usaha Terhadap Perataan Laba Studi Kasus pada Perusahaan Non-Financial yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2010. Conference In Business, Accounting and Management (CBAM), Vol 1, No,1. Universitas Kristen Duta Wacana.

Setiawan, Andreas Dwi. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perataan Laba pada Perusahaan Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Jember.

Setyaningtyas, Ina. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perataan Laba (Income Smoothing). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnnis. Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D. Cetakan ke-2 Bandung: Alfabeta.

Supraptining, I. D. A. A., Suryandari, N. N. A., & Putra, G. B. B. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Income Smoothing Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 1(1), 37-57.

Suryandari, N. N. A. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi income smoothing. Media Komunikasi FPIPS, 10(2).

Wahyuningsih, Dwi Retno. 2009. Hubungan Praktek Manajemen Laba dengan Reaksi Pasar atas Pengumuman Informasi Laba Perusahaan Manufakur di Bursa Efek Jakarta. Tesis. Universitas Diponegoro.

Wulandari. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Income Smoothing dan Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

www.idx.co.id

Downloads

Published

2022-04-01

Issue

Section

Articles