Pengaruh Keadilan Pajak, Sistem Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Pada Persepsi Penggelapan Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Selatan

Authors

  • Ni Komang Puspita Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anik Yuesti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Shinta Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

keadilan pajak, sistem perpajakan, sanksi perpajakan, persepsi penggelapan pajak

Abstract

Penggelapan pajak merupakan usaha aktif dari wajib pajak dalam hal mengurangi, menghapuskan, manipulasi illegal terhadap hutang pajak atau meloloskan diri untuk tidak membayar pajak sebagaimana yang telah terhutang menurut aturan perundang-undangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keadilan pajak, sistem perpajakan dan sanksi perpajakan pada persepsi penggelapan pajak bagi wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Selatan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh WPOP yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan metode incidental sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian keadilan pajak dan sanksi perpajakan dalam penelitian ini berpengaruh negatif pada persepsi penggelapan pajak, sedangkan hasil dari sistem perpajakan tidak berpengaruh dalam penelitian ini.

References

Ajzen, Icek. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes.Vol 5: pp.179-211.

Ardian, Raden Devri dan Pratomo, Dudi.2015. Pengaruh Sistem Perpajakan dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Penggelapan (Tax Evasion) Oleh Wajib Pajak Badan (Studi Pada KPP Pratama Wilayah Kota Bandung). E – Proceeding of Management. Vol. 2, No. 3. Hal: 3169 – 3178.

Basri, Yesi Mutia dan Surya, Raja Adri Satriawan. 2014. Pengaruh Keadilan, Norma Ekspektasi, Sanksi dan Religiusitas Terhadap Niat dan Ketidakpatuhan Pajak. Jurnal Akuntabilitas. Vol. 7, No. 3, Hal: 162-176.

Beloan, B., Mongan, F. F. A., & Suryandari, N. N. A. (2019). Eksplorasi Pemaknaan Pelaporan SPT Tahunan PPH 21 Dari Kacamata Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Fenomenologi Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Makassar Utara). Jurnal Riset Akuntansi (JUARA), 9(2), 23-30.

Brata, Rizal Angga. 2010. Sistem Perpajakan di Indonesia. Sukoharjo: Hamudha Prima Media.

Damayanti, Dini, Nasir, Azwir dan Paulus, Sem. 2017. Pengaruh Keadilan, Self Assessment System, Diskriminasi, dan Kemungkinan Terdeteksinya Kecurangan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Dalam Tindakan Penggelapan Pajak (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Badan Yang Terdaftar di KPP Pratama Tampan Pekanbaru). JOM Fekon. Vol. 4 No. 1, Hal: 426-440.

Dewi, Ni Komang Trie Julianti dan Merkusiwati, Ni Ketut Lely Aryani. 2017. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Persepsi Wajib Pajak Mengenai Etika Atas Penggelapan Pajak (Tax Evasion). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.18, No. 3, Hal: 2534-2564.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit.

Green, Stuart P.2009. What Is Wrong With Tax Evasion?. Business And Tax Journal. Vol. IX, pp: 221-233.

Handayani M. A dan Cahyonowati. N. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Persepsi Wajib Pajak Mengenai Penggelapan Pajak. Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 3, No. 3, Hal: 1 – 7.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen Edisi Pertama.Yogyakarta: BPFE– Yogyakarta.

Indriyani, Mila, Nurlaela, Siti dan Wahyuningsih, Endang Masitoh. 2016. Pengaruh Keadilan, Sistem Perpajakan, Diskriminasi dan Kemungkinan Terdeteksinya Kecurangan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Mengenai Perilaku Tax Evasion. Seminar Nasional IENACO. ISSN: 2337 – 4349.

Lubis, Arfan Ikhsan. 2011. Akuntansi Keperilakuan Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Maghfiroh, Dhinda dan Fajarwati, Diana. 2016. Persepsi Wajib Pajak Mengenai Pengaruh Keadilan, Sistem Perpajakan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Penggelapan Pajak (Survey Terhadap UMKM di Bekasi). JRAK. Vol. 7, No. 1, Hal: 39 – 55.

Mardiasmo. 2018. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

McGee, Robert W. 2006. Three View on The Ethics of Tax Evasion. Journal of Bussiness. Vol. 67, No. 1, pp: 15-35.

Mc. Gee, Robert W dan Gelman, Wendy. 2009. Opinions on the Ethics of Tax Evasion: A Comparative Study of the USA and Six Latin American Countries. Akron Tax Journal. Vol. 24, No. 3, pp: 69 – 89.

McGee, Robert W dan Smith, Sheldon R. 2012. Ethics, Tax Evasion And Religion: A Survey of Opinion of Members of the Church of Jesus Christ of Latter-Day Saint. SSRN Electronic Journal.

Nickerson, Inge, Pleshko dan McGee. 2009. Presenting the Dimensionality of An Ethics Scale Pertaining to Tax Evasion. Journal of Legal, Ethical and Regulatory Issues.Vol. 12, No. 1, pp:1-14.

Paramita, A.A Mirah Pradnya dan Budiasih, I Gusti Ayu Nyoman. 2016. Pengaruh Sistem Perpajakan, Keadilan, dan Teknologi Perpajakan pada Persepsi Wajib Pajak Mengenai Penggelapan Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 17, No. 2, Hal: 1030 – 1056.

Permatasari, Inggrid dan Laksito, Herry. 2013. Minimalisasi Tax Evasion Melalui Tarif Pajak, Teknologi dan Informasi Perpajakan, Keadilan Sistem Perpajakan dan Ketepatan Penglokasian Pengeluaran Pemerintah (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Wilayah KPP Pratama Pekanbaru Senapelan). Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 2, No. 2, Hal: 1 – 10.

Pulungan, Riski Hamdani, Taufik, Taufeni dan Julita. 2015. Pengaruh Keadilan, Sistem Perpajakan dan Kemungkinan Terdeteksinya Kecurangan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Mengenai Etika Penggelapan Pajak (Tax Evasion). JOM Fekon. Vol. 2, No. 1, Hal: 1 – 14.

Putri, Harmi, Tanjung, Amries Rusli dan S, Azhari. 2017. Pengaruh Sistem Perpajakan, Diskriminasi, Kepatuhan dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Mengenai Etika Penggelapan Pajak. JOM Fekon. Vol. 4, No. 1, Hal: 2045 – 2058.

Rahayu, Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia Edisi Pertama.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Robbins, Stephen P., dan Judge, Timothy A.2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Sambodo, Agus. 2015. Pajak Dalam Entitas Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sariani, Putu, Wahyuni, Made Arie dan Sulindawati, Ni Luh Gede Erni. 2016. Pengaruh Keadilan, Sistem Perpajakan, Diskriminasi dan Biaya Kepatuhan Terhadap Persepsi Wajib Pajak Mengenai Etika Penggelapan Pajak (Tax Evasion) pada KPP Pratama Singaraja. Jurnal Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 6, No. 3.

Downloads

Published

2022-04-01

Issue

Section

Articles